Biodata dan Agama Barack Obama, Mantan Presiden AS yang Pernah Tinggal di Indonesia

Jum'at, 20 Mei 2022 - 16:45 WIB
loading...
Biodata dan Agama Barack Obama, Mantan Presiden AS yang Pernah Tinggal di Indonesia
Barack Hussein Obama II, presiden ke-44 Amerika Serikat yang pernah tinggal di Indonesia. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Barack Hussein Obama II merupakan presiden ke-44 Amerika Serikat (AS) , sekaligus orang Afrika-Amerika pertama yang menempati jabatan tersebut. Dia memimpin Amerika selama dua periode, dari Januari 2009 hingga Januari 2017.

Barack Obama lahir Honolulu, Hawaii, 4 Agustus 1961. Dia memiliki darah keturunan campuran antara Amerika dan Kenya. Obama lahir dari pasangan Barrak Obama Sr asal Kenya dan Ann Dunham.

Dikutip situs White House, Ayah Obama adalah seorang ekonom Kenya. Dia bertemu Ann Dunham saat menjadi mahasiswa di Hawaii dan menikah setelahnya. Namun, sekitar dua tahun setelah kelahiran Obama, keduanya resmi bercerai.

Lalu, Ann Dunham menikah lagi dengan pria Indonesia bernama Lolo Soetoro. Tak berselang lama, mereka memutuskan untuk tinggal di Indonesia. Selama berada di Indonesia, Obama menimba ilmu di sekolah-sekolah setempat, termasuk SD Negeri Menteng 01.

Beberapa insiden yang terjadi di Indonesia kala itu membuat Ann Dunham takut akan kondisi putranya, sehingga mengirim Obama kembali ke Hawaii untuk tinggal bersama kakek dan neneknya. Di sana, Obama melanjutkan pendidikan di Punahou School dengan bantuan beasiswa.



Selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi, Obama pernah menjadi mahasiswa Occidental College di Los Angeles sekitar tahun 1979. Dua tahun berselang, dia pindah ke Universitas Columbia di New York City dan lulus pada tahun 1983 dengan gelar dalam Ilmu Politik.

Setelah lulus, Obama bekerja di New York City sebelum akhirnya menjadi penyelenggara komunitas di South Side Chicago. Tugasnya adalah berkoordinasi dengan gereja-gereja untuk memperbaiki kondisi perumahan dan mendirikan program pelatihan kerja di sebuah komunitas yang baru saja terkena musibah.

Pada tahun 1988, dia pergi ke Harvard Law School bergabung bersama firma hukum kecil yang mengkhususkan diri dalam hak-hak sipil. Pada Februari 1990, Obama terpilih sebagai editor Afrika-Amerika pertama dari Harvard Law Review.

Obama adalah seorang penganut agama Kristen Protestan. Dia menikah dengan Michelle Robinson pada 3 Oktober 1992. Michelle adalah seorang pengacara yang berasal juga dari Harvard Law School. Dari pernikahannya tersebut, mereka dikaruniai dua putri; Malia dan Sasha, yang masing-masing lahir pada 1998 dan 2001.

Dalam perjalanan kariernya di dunia politik, Barack Obama pernah terpilih menjadi anggota Senat Illinois pada 1996. Pada tahun 2004, dia kemudian masuk dalam Senat AS. Akhirnya, pada tahun tahun 2008, dia dinominasikan oleh Partai Demokrat untuk menjadi calon presiden. Alhasil, Obama terpilih sebagai presiden Amerika Serikat bersama pasangannya, Joe Biden.

Dia dilantik pada 20 Januari 2009. Tak lama berselang, Obama dinobatkan sebagai pemenang Hadiah Nobel Perdamaian 2009. Setelahnya, dia kembali terpilih sebagai presiden AS pada tahun 2012 dan berakhir pada 20 Januari 2017 lalu.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1660 seconds (0.1#10.140)