10 Pemimpin Aliran Sesat Paling Terkenal, dari Sekte Seks hingga Penganut Kiamat

Senin, 28 Agustus 2023 - 20:35 WIB
loading...
A A A
Dia mengagungkan dan bahkan mendorong pedofilia. Banyak korban aliran sesat tersebut yang maju dan dengan jujur berbicara tentang betapa memutarbalikkannya semua itu dan mengapa hal itu menjadi pusat perhatian.

Kultus ini digambarkan sangat seksual karena David Berg mendorong anggota perempuan untuk membawa laki-laki melalui prostitusi. Dia menyebutnya 'memancing genit'.

7. Michel Rostand

Michael Rostand bertanggung jawab atas Buddgafield. Namanya membangkitkan perasaan damai tetapi mantan anggota aliran sesat ini tidak merasakan apa pun kecuali kedamaian saat berada dalam aliran sesat tersebut.

Kultus tersebut sebenarnya adalah subjek dari film tahun 2016 yang dikenal sebagai 'Neraka Suci' dan disutradarai oleh Will Allen, mantan anggota aliran sesat tersebut. Diduga ada riwayat pelecehan seksual di Buddgafield dan mengapa banyak mantan anggota merasa tidak menoleh ke belakang. Tentu saja, Michael terus menyangkal bahwa kelompok tersebut adalah aliran sesat, tetapi anggota yang melarikan diri berpendapat berbeda.

8. Marshall Applewhite

10 Pemimpin Aliran Sesat Paling Terkenal, dari Sekte Seks hingga Penganut Kiamat

Marshall Applewhite menarik perhatian berita utama berkat kelompok kultusnya, The Heaven's Gate. Mereka menjadi terkenal di seluruh dunia pada tahun 1997 ketika berita bunuh diri massal mereka pertama kali diketahui.

Applewhite adalah penganut mistisisme tahun 70-an yang mendirikan kelompok tersebut bersama perawat Bonnie Nettles. Setelah kematiannya, Applewhite menjadi tidak stabil secara emosional dan ketidakstabilan ini tercermin dalam keyakinan sekte tersebut bahwa "Komet Hale-Bopp adalah kunci kenaikan dari keberadaan di bumi menjadi keberadaan di luar angkasa."

Video terakhir aliran sesat tersebut juga menjadi cukup terkenal, terutama dengan Applewhite khususnya yang memiliki gambaran yang begitu menarik tentang aliran sesat tersebut dalam video tersebut.

9. Joseph Di Mambro & Luc Jouret

10 Pemimpin Aliran Sesat Paling Terkenal, dari Sekte Seks hingga Penganut Kiamat

Foto/Wikipedia

Kedua pemimpin sekte ini adalah pendiri Ordo Kuil Matahari pada tahun 1984. Mereka bertanggung jawab atas serangkaian pembunuhan, bunuh diri massal, dan kebakaran selama tahun 90an dan mengaku berasal dari perkumpulan rahasia seperti The Knights Templar dan The Rosicrucians.

Kelompok aliran sesat ini percaya bahwa kedatangan Kristus yang kedua kali adalah semacam penyatuan apokaliptik. Di Mambro dan Journet mempunyai pengaruh yang besar terhadap para pengikutnya sampai-sampai Joseph pernah dituduh memerintahkan kematian bayi yang diyakininya sebagai antikristus. Pasangan ini akhirnya tewas dalam kebakaran yang sengaja dilakukan di dalam dua gedung OST Swiss pada tahun 1994.

10.Charles Manson

10 Pemimpin Aliran Sesat Paling Terkenal, dari Sekte Seks hingga Penganut Kiamat

Foto/Wikipedia

Mereka bilang orang selalu menyimpan yang terbaik untuk yang terakhir, bukan? Dalam daftar ini, Charles Manson mengambil alih peran tersebut. Dia telah menjadi subjek film, buku, bahkan lagu dan program televisi dan refleksi jahatnya terhadap sisi gelap hippie menjadikannya pemimpin sekte paling terkenal di dunia.

Dia mempromosikan dan memicu perang ras di mana dia meyakinkan para pengikutnya bahwa dia akan muncul sebagai pemimpin yang menang. Dia bertindak berlebihan ketika dia terhubung dengan pembunuhan Tate-LaBianca di mana pada tahun 1969, dia memerintahkan anggota keluarga Manson untuk membunuh aktris tersebut, Sharon Tate, dan empat orang lainnya.

Pembunuhan ini mengguncang negara dan membuat pihak berwenang memperhatikan Manson dengan lebih serius. Dia akhirnya berakhir di penjara, menjalani hukuman seumur hidup hingga tahun 2017 ketika dia meninggal karena sebab alamiah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1851 seconds (0.1#10.140)