10 Pemimpin Aliran Sesat Paling Terkenal, dari Sekte Seks hingga Penganut Kiamat

Senin, 28 Agustus 2023 - 20:35 WIB
loading...
A A A
Perilakunya sampai ke pihak berwenang Waco, ATF, dan FBI dan setelah 51 hari pada tahun 1991, serangkaian kebakaran melanda kompleks sekte tersebut dan membunuh David Koresh bersama dengan lebih dari 70 anggota lainnya.

3. Sun Myung Moon

10 Pemimpin Aliran Sesat Paling Terkenal, dari Sekte Seks hingga Penganut Kiamat

Foto/Wikipedia

Pengikut Sun Myung Moon dikenal sebagai 'The Moonies.' Suatu saat mereka menjadi salah satu kelompok pemujaan terbesar di dunia dan dia dipandang sebagai 'ayah sejati' bagi ribuan pengikutnya. Biasanya pengikutnya kebanyakan adalah pasangan dan Sun Myung Moon sering menikahi mereka dalam upacara pernikahan massal.

Sebagai seorang maestro bisnis besar Korea, Moon memiliki pengaruh internasional yang cukup besar. Gereja penyatuannya dan ideologi ‘prinsip ketuhanan’ menyatakan dia sebagai Mesias dan kelompok ini masih ada sampai sekarang. Moon meninggal pada tahun 2012.


4. Shoko Asahara

10 Pemimpin Aliran Sesat Paling Terkenal, dari Sekte Seks hingga Penganut Kiamat

Foto/Wikipedia

Media menggambarkan Shoko Asahara dengan banyak kata. Pemimpin aliran sesat, nabi Kiamat, teroris, dan banyak kata sifat lain yang berkaitan dengan orang jahat yang dapat Anda pikirkan.

Shoko adalah pendiri sekte kiamat, Aum Shinrikyo meskipun ia lahir pada tahun 1955 sebagai Chizuo Matsumoto. Dia mengubah namanya setelah mengajukan klaim ke aliran sesat dan dia dinyatakan sebagai sosok Kristus yang tercerahkan.

Kultus tersebut menyatukan unsur-unsur Hindu, Budha, dan yoga. Namun pada tahun 2004, Shoko dijatuhi hukuman mati karena perannya dalam mengorganisir serangan gas sarin tahun 1995 di Tokyo. Peristiwa ini menewaskan 12 orang dan melukai ribuan orang. Hingga tahun 2017, ia terus dipenjara dan masih menunggu hukumannya.

5. Valentina de Andrade

Dia adalah orang yang bertanggung jawab atas aliran sesat terbesar di Brasil, Penyelarasan Universal. Valentina percaya bahwa anak-anak yang lahir setelah tahun 1981 adalah anak yang jahat dan perlu disingkirkan.

Setelah dua puluh pemuda di Brasil, wilayah Altamira hilang, perhatian negara tersebut tertuju dan pihak berwenang mulai menyelidiki Valentina de Andrade dan organisasinya. Dikatakan bahwa koneksinya yang kuat memungkinkan dia untuk berhasil lolos dari tuntutan terutama setelah enam mayat ditemukan dan lima korban yang dikebiri berhasil melarikan diri dan mengungkapkan apa yang terjadi di organisasi tersebut.

Dia diduga melarikan diri dari Argentina setelah dibebaskan tetapi rekannya seperti Dr. Anisio Ferreira de Sousa dihukum karena peran mereka dalam aliran sesat.

6. David Berg

10 Pemimpin Aliran Sesat Paling Terkenal, dari Sekte Seks hingga Penganut Kiamat

Foto/Wikipedia

David Berg merupakan pendiri sekte 'Anak-anak Tuhan'. Itu adalah kultus seks hippie yang sangat kacau dan menyimpang yang populer di akhir tahun enam puluhan. Pemimpinnya, David Berg, yang dikenal dengan nama samarannya, Moses David, mengambil sudut pandang yang sangat buruk terhadap agama dan ketidaksesuaian seksual.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1639 seconds (0.1#10.140)