10 Pemimpin Aliran Sesat Paling Terkenal, dari Sekte Seks hingga Penganut Kiamat

Senin, 28 Agustus 2023 - 20:35 WIB
loading...
10 Pemimpin Aliran Sesat Paling Terkenal, dari Sekte Seks hingga Penganut Kiamat
Shoko Asahara dikenal sebagai pemimpin sekte sesat di Jepang. Foto/Reuters
A A A
TOKYO - Kejam dan mengerikan kerap digambarkan dengan para pemimpin aliran sesat di berbagai belahan dunia. Tapi, mereka memiliki permainan retorika dan psikologis yang kuat sehingga mampu mempengaruhi pengikutnya.

Hal yang menarik tentang aliran sesat adalah betapa kacau dan meyakinkannya aliran sesat itu. Mereka bermain-main dengan psikologi seseorang dan begitu cuci otak terjadi, akan sangat sulit meyakinkan korbannya.

Fakta bahwa satu orang mampu mencuci otak hingga 1000 orang dan bahkan sampai kehilangan kesadaran akan realitas dan apa yang baik atau buruk, agak menakutkan. Ironisnya, hal yang menarik adalah mentalitas berpikir kelompok yang tampaknya dikuasai oleh setiap aliran sesat.

Hal ini dilakukan dengan sangat baik sehingga para korban bahkan tidak pernah berpikir bahwa mereka sendiri adalah korban. Faktanya, mereka menganggap orang yang tidak menganut doktrin yang sama dengan mereka adalah orang yang salah.

Berikut adalah 10 pemimpin aliran sesat yang paling terkenal dan paling mematikan.

1. Jim Jones

10 Pemimpin Aliran Sesat Paling Terkenal, dari Sekte Seks hingga Penganut Kiamat

Foto/Wikipedia

Melansir discoverwalks, Jim Jones bukan hanya seorang pemimpin aliran sesat. Dia adalah lambang kejahatan dan orang gila yang bersembunyi di balik karisma dan dominasi fisik. Pengaruhnya begitu kuat sehingga ia meyakinkan para pengikutnya untuk meninggalkan barang-barang duniawi mereka dan pindah ke Jonestown, yang merupakan sebuah kompleks di Guyana.

Dia menamai gerejanya Peoples Temple dan pada suatu saat, Anggota Kongres AS, Leo Ryan memimpin delegasi untuk menyelidiki pelanggaran hak asasi manusia yang telah dilaporkan. Namun, dia dan empat orang lainnya dibunuh oleh pengikut Jone.

Seolah-olah ini belum cukup, dia memerintahkan bunuh diri massal terhadap lebih dari 900 anggota aliran sesat, termasuk 300 anak-anak. Mereka meninggal karena meminum Kool-Aid yang dicampur dengan sianida. Dia juga mengambil nyawanya. Pencucian otak terjadi terlalu banyak di sini dan sayangnya, tidak banyak yang bisa dilakukan.


2. David Koresh

10 Pemimpin Aliran Sesat Paling Terkenal, dari Sekte Seks hingga Penganut Kiamat

Foto/Wikipedia

David Koresh adalah pemimpin sekte Davidians yang terkenal. Psikopat itu bahkan menamai kelompok itu dengan namanya sendiri dan mengembangkan teologi ekstremisnya sendiri. David melihat dirinya sebagai sosok ayah dan mesias mengingat bagaimana dia menjadi ayah dari anak-anak dan mengambil banyak istri dalam kelompok tersebut.

Salah satu pasangan yang menimbulkan banyak kontroversi dan kekhawatiran adalah Michelle Jones yang berusia 13 tahun. Ini pada dasarnya berarti dia adalah seorang pedofil dan perilakunya diterima karena dialah pemimpinnya.

Perilakunya sampai ke pihak berwenang Waco, ATF, dan FBI dan setelah 51 hari pada tahun 1991, serangkaian kebakaran melanda kompleks sekte tersebut dan membunuh David Koresh bersama dengan lebih dari 70 anggota lainnya.

3. Sun Myung Moon

10 Pemimpin Aliran Sesat Paling Terkenal, dari Sekte Seks hingga Penganut Kiamat

Foto/Wikipedia

Pengikut Sun Myung Moon dikenal sebagai 'The Moonies.' Suatu saat mereka menjadi salah satu kelompok pemujaan terbesar di dunia dan dia dipandang sebagai 'ayah sejati' bagi ribuan pengikutnya. Biasanya pengikutnya kebanyakan adalah pasangan dan Sun Myung Moon sering menikahi mereka dalam upacara pernikahan massal.

Sebagai seorang maestro bisnis besar Korea, Moon memiliki pengaruh internasional yang cukup besar. Gereja penyatuannya dan ideologi ‘prinsip ketuhanan’ menyatakan dia sebagai Mesias dan kelompok ini masih ada sampai sekarang. Moon meninggal pada tahun 2012.


4. Shoko Asahara

10 Pemimpin Aliran Sesat Paling Terkenal, dari Sekte Seks hingga Penganut Kiamat

Foto/Wikipedia

Media menggambarkan Shoko Asahara dengan banyak kata. Pemimpin aliran sesat, nabi Kiamat, teroris, dan banyak kata sifat lain yang berkaitan dengan orang jahat yang dapat Anda pikirkan.

Shoko adalah pendiri sekte kiamat, Aum Shinrikyo meskipun ia lahir pada tahun 1955 sebagai Chizuo Matsumoto. Dia mengubah namanya setelah mengajukan klaim ke aliran sesat dan dia dinyatakan sebagai sosok Kristus yang tercerahkan.

Kultus tersebut menyatukan unsur-unsur Hindu, Budha, dan yoga. Namun pada tahun 2004, Shoko dijatuhi hukuman mati karena perannya dalam mengorganisir serangan gas sarin tahun 1995 di Tokyo. Peristiwa ini menewaskan 12 orang dan melukai ribuan orang. Hingga tahun 2017, ia terus dipenjara dan masih menunggu hukumannya.

5. Valentina de Andrade

Dia adalah orang yang bertanggung jawab atas aliran sesat terbesar di Brasil, Penyelarasan Universal. Valentina percaya bahwa anak-anak yang lahir setelah tahun 1981 adalah anak yang jahat dan perlu disingkirkan.

Setelah dua puluh pemuda di Brasil, wilayah Altamira hilang, perhatian negara tersebut tertuju dan pihak berwenang mulai menyelidiki Valentina de Andrade dan organisasinya. Dikatakan bahwa koneksinya yang kuat memungkinkan dia untuk berhasil lolos dari tuntutan terutama setelah enam mayat ditemukan dan lima korban yang dikebiri berhasil melarikan diri dan mengungkapkan apa yang terjadi di organisasi tersebut.

Dia diduga melarikan diri dari Argentina setelah dibebaskan tetapi rekannya seperti Dr. Anisio Ferreira de Sousa dihukum karena peran mereka dalam aliran sesat.

6. David Berg

10 Pemimpin Aliran Sesat Paling Terkenal, dari Sekte Seks hingga Penganut Kiamat

Foto/Wikipedia

David Berg merupakan pendiri sekte 'Anak-anak Tuhan'. Itu adalah kultus seks hippie yang sangat kacau dan menyimpang yang populer di akhir tahun enam puluhan. Pemimpinnya, David Berg, yang dikenal dengan nama samarannya, Moses David, mengambil sudut pandang yang sangat buruk terhadap agama dan ketidaksesuaian seksual.

Dia mengagungkan dan bahkan mendorong pedofilia. Banyak korban aliran sesat tersebut yang maju dan dengan jujur berbicara tentang betapa memutarbalikkannya semua itu dan mengapa hal itu menjadi pusat perhatian.

Kultus ini digambarkan sangat seksual karena David Berg mendorong anggota perempuan untuk membawa laki-laki melalui prostitusi. Dia menyebutnya 'memancing genit'.

7. Michel Rostand

Michael Rostand bertanggung jawab atas Buddgafield. Namanya membangkitkan perasaan damai tetapi mantan anggota aliran sesat ini tidak merasakan apa pun kecuali kedamaian saat berada dalam aliran sesat tersebut.

Kultus tersebut sebenarnya adalah subjek dari film tahun 2016 yang dikenal sebagai 'Neraka Suci' dan disutradarai oleh Will Allen, mantan anggota aliran sesat tersebut. Diduga ada riwayat pelecehan seksual di Buddgafield dan mengapa banyak mantan anggota merasa tidak menoleh ke belakang. Tentu saja, Michael terus menyangkal bahwa kelompok tersebut adalah aliran sesat, tetapi anggota yang melarikan diri berpendapat berbeda.

8. Marshall Applewhite

10 Pemimpin Aliran Sesat Paling Terkenal, dari Sekte Seks hingga Penganut Kiamat

Marshall Applewhite menarik perhatian berita utama berkat kelompok kultusnya, The Heaven's Gate. Mereka menjadi terkenal di seluruh dunia pada tahun 1997 ketika berita bunuh diri massal mereka pertama kali diketahui.

Applewhite adalah penganut mistisisme tahun 70-an yang mendirikan kelompok tersebut bersama perawat Bonnie Nettles. Setelah kematiannya, Applewhite menjadi tidak stabil secara emosional dan ketidakstabilan ini tercermin dalam keyakinan sekte tersebut bahwa "Komet Hale-Bopp adalah kunci kenaikan dari keberadaan di bumi menjadi keberadaan di luar angkasa."

Video terakhir aliran sesat tersebut juga menjadi cukup terkenal, terutama dengan Applewhite khususnya yang memiliki gambaran yang begitu menarik tentang aliran sesat tersebut dalam video tersebut.

9. Joseph Di Mambro & Luc Jouret

10 Pemimpin Aliran Sesat Paling Terkenal, dari Sekte Seks hingga Penganut Kiamat

Foto/Wikipedia

Kedua pemimpin sekte ini adalah pendiri Ordo Kuil Matahari pada tahun 1984. Mereka bertanggung jawab atas serangkaian pembunuhan, bunuh diri massal, dan kebakaran selama tahun 90an dan mengaku berasal dari perkumpulan rahasia seperti The Knights Templar dan The Rosicrucians.

Kelompok aliran sesat ini percaya bahwa kedatangan Kristus yang kedua kali adalah semacam penyatuan apokaliptik. Di Mambro dan Journet mempunyai pengaruh yang besar terhadap para pengikutnya sampai-sampai Joseph pernah dituduh memerintahkan kematian bayi yang diyakininya sebagai antikristus. Pasangan ini akhirnya tewas dalam kebakaran yang sengaja dilakukan di dalam dua gedung OST Swiss pada tahun 1994.

10.Charles Manson

10 Pemimpin Aliran Sesat Paling Terkenal, dari Sekte Seks hingga Penganut Kiamat

Foto/Wikipedia

Mereka bilang orang selalu menyimpan yang terbaik untuk yang terakhir, bukan? Dalam daftar ini, Charles Manson mengambil alih peran tersebut. Dia telah menjadi subjek film, buku, bahkan lagu dan program televisi dan refleksi jahatnya terhadap sisi gelap hippie menjadikannya pemimpin sekte paling terkenal di dunia.

Dia mempromosikan dan memicu perang ras di mana dia meyakinkan para pengikutnya bahwa dia akan muncul sebagai pemimpin yang menang. Dia bertindak berlebihan ketika dia terhubung dengan pembunuhan Tate-LaBianca di mana pada tahun 1969, dia memerintahkan anggota keluarga Manson untuk membunuh aktris tersebut, Sharon Tate, dan empat orang lainnya.

Pembunuhan ini mengguncang negara dan membuat pihak berwenang memperhatikan Manson dengan lebih serius. Dia akhirnya berakhir di penjara, menjalani hukuman seumur hidup hingga tahun 2017 ketika dia meninggal karena sebab alamiah.

Gerakan aliran sesat merupakan sebuah bencana. Tidak ada hal baik yang dihasilkan dari mereka dan sangat menyedihkan melihat para pengikut memberikan orang-orang yang salah arah ini atas nama pemimpin, waktu mereka.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1684 seconds (0.1#10.140)