Usik China, Jepang-AS Gelar Latihan Bersama di LCT

Jum'at, 10 Maret 2017 - 15:52 WIB
Usik China, Jepang-AS Gelar Latihan Bersama di LCT
Usik China, Jepang-AS Gelar Latihan Bersama di LCT
A A A
TOKYO - Kapal-kapal Angkatan Laut (AL) Jepang dan Amerika Serikat (AS) tengah melakukan latihan bersama di Laut China Timur (LCT). Latihan yang dilakuan tanpa pemberitahuan itu dilakukan pada Selasa lalu.

Dalam latihan bersama itu, AL Jepang dan AS memfokuskan diri interaksi dan komunikasi dalam terkait musuh, demikian laporan kantor berita Kyodo mengutip sumber-sumber pemerintah seperti disitat dari Sputniknews, Jumat (10/3/2017).

Dilaporkan oleh Kyodo, kapal patroli Jepang dan kapal induk USS Carl Vinson AL AS turut ambil bagian dalam latihan bersama itu. USS Carl Vinson tiba di Asia untuk ikut serta dalam Foal Eagle, latihan lapangan yang dilakukan bersama Korea Selatan (Korsel) meskipun di protes oleh Cina.

Latihan AS-Jepang terjadi di tengah meningkatnya ketegangan Korea Selatan-Utara. Seperti diketahui, Korea Utara (Korut) belum lama meluncurkan rudal balistik yang melanggar resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB. Jepang juga mengungkapkan keprihatinannya terhadap situasi di Semenanjung Korea.

Hubungan Jepang dengan China sendiri juga memanas karena sengketa teritorial atas Kepulauan Senkaku di Laut Cina Timur. China meningkatkan kegiatan militer di daerah itu selama beberapa pekan terakhir, dengan lebih dari selusin jet Cina mendekati wilayah udara Jepang di dekat Okinawa.

China mengirim 13 jet tempur, pesawat pembom, dan pesawat peringatan dini melalui Selat Miyako yang berada di antara pulau Okinawa dan Miyako. Itu adalah armada pesawat asing terbesar yang membuat Jepang meluncurkan jet-jet tempurnya sejak tahun 2003.

Angkatan Udara Jepang pun mengerahkan pesawat-pesawat jet tempur untuk menguntit 13 pesawat tempur militer China yang melintas di dekat Okinawa tersebut.

Baca Juga: Jet-jet Tempur Jepang Kuntit 13 Pesawat Militer China
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4721 seconds (0.1#10.140)