YouTuber Cantik Hora Sadat Meninggal Secara Misterius di Kabul, Picu Kemarahan

Minggu, 27 Agustus 2023 - 05:00 WIB
loading...
YouTuber Cantik Hora Sadat Meninggal Secara Misterius di Kabul, Picu Kemarahan
Hora Sadat, seorang YouTuber cantik dan terkemuka Afghanistan, meninggal secara misterius di Kabul pada 21 Agustus 2023. Foto/Pajhwok
A A A
KABUL - Hora Sadat, seorang YouTuber cantik dan terkemuka Afghanistan, meninggal secara misterius di Kabul pada 21 Agustus. Laporan media lokal menyebutkan bahwa perempuan berusia 25 tahun itu diracuni setelah menghadiri acara publik.

Taliban, otoritas yang berkuasa di Afghanistan, pada 24 Agustus lalu mengatakan bahwa dua orang—seorang pria dan seorang wanita—telah ditangkap sehubungan dengan kematian Sadat.

Motif dugaan keracunannya tidak jelas. Kematian Sadat telah memicu kemarahan di media sosial, di mana beberapa aktivis menuding Taliban sebagai pelakunya.



Namun ada pula yang berspekulasi bahwa permusuhan pribadi mungkin menjadi penyebab kematian Sadat. Korban dilaporkan baru saja berpisah dari tunangannya.

Saat dihubungi oleh Radio Azadi dari RFE/RL, saudara laki-laki Sadat menolak berkomentar mengenai rincian kematiannya.

Sejak merebut kekuasaan pada tahun 2021, Taliban telah melarang perempuan mendapatkan pendidikan dan sebagian besar pekerjaan, secara efektif menolak peran publik dalam masyarakat, dan memberlakukan pembatasan ketat pada mobilitas dan penampilan mereka.

Sadat, yang memiliki 300.000 subscriber atau pelanggan di YouTube, memproduksi video tentang isu-isu sosial untuk sebagian besar pemirsa muda. Dia juga berpartisipasi dalam acara-acara publik yang diselenggarakan oleh perempuan di Kabul, meskipun dia tidak dikenal secara terbuka mengkritik Taliban.

Maryam Maarouf Arwin, seorang aktivis hak-hak perempuan Afghanistan, mengatakan kepada Radio Azadi bahwa dia curiga Sadat telah menjadi target dan dibunuh.

“Di masa lalu, kita telah berkali-kali menyaksikan pembunuhan terhadap perempuan aktif,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1320 seconds (0.1#10.140)