Ini Senjata Ukraina yang Ledakkan Sistem Rudal S-400 Rusia di Crimea

Minggu, 27 Agustus 2023 - 05:05 WIB
loading...
Ini Senjata Ukraina yang Ledakkan Sistem Rudal S-400 Rusia di Crimea
Sistem rudal S-400 Rusia di Crimea dihancurkan oleh serangan Ukraina, yang dilaporkan melibatkan rudal Neptune. Foto/Main Directorate of Intelligence of the Ministry of Defense of Ukraine
A A A
KYIV - Militer Ukraina telah meledakkan baterai sistem pertahanan rudal S-400 Rusia di Crimea. Senjata yang digunakan untuk serangan itu dilaporkan sebagai rudal anti-kapal Neptune.

Mengutip Forbes, Sabtu (26/8/2023), Angkatan Laut Ukraina menggunakan beberapa rudal anti-kapal Neptune dalam mode serangan darat sekunder di Crimea barat pada hari Rabu.

Misil Neptune seberat satu ton dapat menyerang sasaran di darat bukanlah hal yang mengejutkan.

Biro Desain Luch Ukraina memodelkan Neptune dengan Kh-35 Rusia, yang merupakan jawaban terhadap rudal anti-kapal Harpoon Amerika Serikat, yang juga memiliki mode serangan darat.



Angkatan udara Rusia mengerahkan baterai S-400 ke Cape Tarkhankut atau Tanjung Tarkhankut di Crimea pada 2016, dua tahun setelah pasukan Rusia menguasai semenanjung strategis tersebut.

S-400 dan radar Podlet K1 yang terpasang dapat mendeteksi dan menyerang pesawat dan rudal sejauh 200 mil, memungkinkannya mengendalikan seluruh Laut Hitam bagian barat hingga pelabuhan Odessa di Ukraina selatan.

S-400, radar Podlet, dan senjata lainnya di tanjung Crimea—termasuk serangkaian rudal anti-kapal Bastion—menduduki daftar target prospektif ketika Ukraina memperluas kemampuan serangan dalam tahun ini.

Untuk memperluas jangkauan pasukannya dalam menyerang pasukan Rusia, Ukraina telah membeli rudal anti-kapal Harpoon yang diluncurkan di darat buatan Amerika ditambah rudal jelajah yang diluncurkan dari udara buatan Barat: Storm Shadow Inggris dan SCALP Prancis.

Pada saat yang sama, Ukraina telah mengembangkan amunisi serangan dalam, termasuk rudal pertahanan udara S-200 yang diluncurkan dari darat yang dimodifikasi oleh Angkatan Udara Ukraina menjadi senjata serangan darat. Angkatan Laut Ukraina melakukan modifikasi serupa pada rudal anti-kapal Neptune yang diluncurkan di darat, yang paling terkenal adalah melubangi dan menenggelamkan kapal penjelajah Moskva Angkatan Laut Rusia pada April 2022.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0984 seconds (0.1#10.140)