Setengah Abad Jalin Hubungan Diplomatik, RI-Singapura Kian Mesra

Senin, 06 Maret 2017 - 22:44 WIB
Setengah Abad Jalin Hubungan Diplomatik, RI-Singapura Kian Mesra
Setengah Abad Jalin Hubungan Diplomatik, RI-Singapura Kian Mesra
A A A
JAKARTA - Indonesia dan Singapura tengah bersiap untuk merayakan 50 tahun hubungan bilateral kedua negara. Menurut Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, dalam setengah abad terakhir hubungan kedua negara terus mengalami peningkatan.

Retno, yang berbicara saat melakukan jumpa pers bersama Menteri Senior urusan Pertahanan dan Hubungan Luar Negeri Singapura Mohamad Maliki bin Osman menuturkan, kedua negara tengah mempersiapkan pertemuan kedua kepala negara, sebagai bentuk peringatan atas baiknya hubungan kedua negara.

"Singapura dan Indonesia melihat kembali kolaborasi selama 50 tahun di berbagai sektor. Bagaimana mendorong kelanjutan untuk tahun berikutnya dan ke depannya kita juga berusaha mengerti satu sama lain, sehingga hubungan akan berlanjut," ucap Retno pada Senin (6/3).

Mantan Duta Besar Indonesia untuk Belanda itu kemudian mengatakan, baiknya hubungan kedua negara terlihat dari peningkatan investasi yang dilakukan Singapura di Indonesia. Tahun lalu, papar Retno invetasi Singapura meningkat hampir 90 persen.

Di kesempatan yang sama, dia juga mengatakan telah mencapai kesepakatan mengenai pendidikan. Keduanya sepakat generasi muda memiliki peran penting dalam melanjutkan hubungan yang telah terjalin selama setengah abad itu.

"Masalah pendidikan people to people dan budaya. Bagaimanapun juga anak muda memiliki peran penting dalam melanjutkan 50 tahun hubungan baik dengan singapura melalui pendidikan, pertukaran budaya dan lain-lain," tukasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3552 seconds (0.1#10.140)