Time Travel Itu Nyata, Tak Percaya? Coba Datang ke Tempat Ini

Sabtu, 26 Agustus 2023 - 13:03 WIB
loading...
Time Travel Itu Nyata, Tak Percaya? Coba Datang ke Tempat Ini
Pulau Big Diomede dan Little Diomede adalah lokasi di mana fenomena time travel atau perjalanan menjelajahi waktu menjadi nyata. Foto/Daily Star
A A A
WASHINGTON - Meskipun para ilmuwan terus melakukan penelitian untuk membuktikan bahwa perjalanan melintasi waktu atau time travel bisa dilakukan di luar angkasa, namun sebenarnya hal ini telah berhasil dilakukan di Bumi.

Itu dikarenakan ada satu tempat di planet kita yang memungkinkan Anda berjalan maju dan mundur dalam sehari – meskipun sebenarnya hal tersebut ilegal.

Hal yang aneh ini dimungkinkan terjadi di Kepulauan Diomede. Dan yang lebih membuatnya lebih aneh lagi adalah bahwa kedua ujung perjalanan ini berada di wilayah yang menjadi musuh bebuyutan, Rusia dan Amerika Serikat (AS).



Sepasang pulau di Selat Bering ini secara resmi disebut Big Diomede yang merupakan milik Rusia, dan Little Diomede yang merupakan bagian dari negara bagian Alaska, AS. Pada titik terdekatnya, kedua pulau berjarak kurang dari 2,5 mil.

“Kepulauan Diomede hanya berjarak tiga mil tetapi pulau yang lebih besar hampir satu hari lebih cepat dari tetangganya yang lebih kecil (21 jam) karena keduanya berada di kedua sisi Garis Tanggal Internasional, yang melewati Samudera Pasifik dan menandai batas antara satu hari kalender dengan hari kalender berikutnya,” tulis halaman sains Geeky Dude di Facebook seperti dilansir dari Daily Star, Sabtu (26/8/2023).

Karena adanya Garis Tanggal Internasional ditengahnya, mereka mendapat julukan Pulau Kemarin dan Pulau Besok.

Pulau Big Diomede hampir satu hari lebih cepat dari pulau Little Diomede, namun belum sepenuhnya. Karena zona waktu yang ditetapkan secara lokal, Pulau Besok sebenarnya hanya berjarak 21 jam lebih cepat dari Pulau Kemarin.



Meskipun terdapat perbedaan waktu yang sangat besar, selama musim dingin penurunan suhu menyebabkan es di antara kedua pulau membeku.

“Jembatan es yang terbentuk antara kedua pulau pada musim dingin memungkinkan, meskipun ilegal, untuk berjalan jarak pendek di antara keduanya dan 'melakukan perjalanan melintasi waktu',” tulis Geeky Dude.

Pulau Big Besar adalah titik paling timur di Rusia, sedangkan di Little Diomede terdapat komunitas kecil yang tinggal di sebuah desa kecil yang disebut, agak tidak orisinal, Diomede.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1105 seconds (0.1#10.140)