Lawan Rusia, Pasukan Khusus Ukraina Mendarat di Crimea

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 11:15 WIB
loading...
Lawan Rusia, Pasukan Khusus Ukraina Mendarat di Crimea
Pasukan khusus Ukraina mendarat dan mengibarkan bendera nasional mereka di Crimea dalam operasi melawan Rusia, Rabu (24/8/2023). Foto/Militer Ukraina/via REUTERS
A A A
KYIV - Badan intelijen Ukraina mengumumkan bahwa pasukan khusus Kyiv telah mendarat dan mengibarkan bendera nasionalnya di Crimea selama operasi khusus untuk memperingati Hari Kemerdekaan.

Crimea memisahkan diri dari Ukraina pada 2014 dan bergabung dengan Rusia melalui referendum. Namun, Kyiv dan sekutu Barat-nya tidak mengakui referendum tersebut dan menganggapnya sebagai pencaplokan wilayah oleh Moskow.

Ukraina memperingati Hari Kemerdekaan pada Kamis (24/8/2023), peringatan kemerdekaan kedua sejak diinvasi Rusia pada Februari 2022.

Kyiv telah berulang kali mengatakan pihaknya bertujuan untuk merebut kembali Crimea, yang diakui secara internasional sebagai bagian dari Ukraina tetapi telah dikuasai oleh Rusia sejak 2014.



Badan intelijen Ukraina, GUR, mengatakan pasukan khusus mereka telah mendarat semalam di pantai barat Crimea dekat kota Olenivka dan Mayak, tempat mereka terlibat dalam pertempuran.

“Akibatnya musuh mengalami kerugian di antara personelnya. Peralatan musuh dihancurkan,” katanya.

"Bendera negara kembali berkibar di Crimea Ukraina," lanjut GUR, seperti dikutip AFP, Jumat (25/8/2023).

Ukraina telah melancarkan beberapa serangan di semenanjung Laut Hitam tersebut sejak dimulainya invasi Moskow, dan menyebut wilayah tersebut sebagai wilayah yang “diduduki sementara” dalam pernyataannya.

Kyiv mengatakan pada hari Rabu lalu bahwa pasukannya telah menghancurkan sistem antipesawat S-400 Rusia di wilayah tersebut, sehingga menimbulkan “pukulan menyakitkan” pada pertahanan udara musuh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1209 seconds (0.1#10.140)