China Larang Semua Makanan Laut Jepang

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 06:44 WIB
loading...
China Larang Semua Makanan Laut Jepang
Buntut pembuangan air limbah nuklir Fukushima, China larang semua makanan laut Jepang. Foto/Ilustrasi
A A A
BEIJING - Jepang mulai melepaskan air radioaktif yang telah diolah dari pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima yang rusak ke Samudera Pasifik pada hari Kamis kemarin. Langkah ini mendorong China untuk segera mengumumkan larangan menyeluruh terhadap semua produk laut dari Jepang.

"China sangat khawatir terhadap risiko kontaminasi radioaktif yang dibawa oleh makanan dan produk pertanian Jepang," kata biro bea cukai China dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Reuters, Jumat (25/8/2023).

Bea Cukai China tidak memberikan rincian mengenai produk laut tertentu yang terkena dampak larangan tersebut dan tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Pemerintah Jepang menandatangani rencana tersebut dua tahun lalu dan mendapat lampu hijau dari pengawas nuklir PBB bulan lalu. Pelepasan ini merupakan langkah penting dalam penghentian pembangkit listrik Fukushima Daiichi setelah hancur akibat tsunami pada tahun 2011.

Operator pembangkit listrik Tokyo Electric Power (Tepco) mengatakan pelepasan dimulai pada pukul 13.03 waktu setempat dan tidak ditemukan adanya kelainan.

Namun, China kembali menegaskan penolakannya terhadap rencana tersebut dan mengatakan pemerintah Jepang belum membuktikan bahwa air yang dibuang aman.

“Pihak Jepang tidak boleh menyebabkan kerugian sekunder terhadap masyarakat lokal dan bahkan masyarakat dunia karena kepentingan egoisnya sendiri,” kata Kementerian Luar Negeri China dalam sebuah pernyataan.



Sebaliknya, Tokyo mengkritik China karena menyebarkan klaim yang tidak berdasar secara ilmiah.

Mereka menyatakan bahwa pelepasan air tersebut aman, dan mencatat bahwa Badan Energi Atom Internasional (IAEA) juga telah menyimpulkan bahwa dampak yang ditimbulkannya terhadap manusia dan lingkungan "dapat diabaikan".
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2404 seconds (0.1#10.140)