Pakar Nuklir: Tritium di Air Limbah Fukushima Sangat Berbahaya, Picu Kerusakan Genetik

Kamis, 24 Agustus 2023 - 20:01 WIB
loading...
Pakar Nuklir: Tritium di Air Limbah Fukushima Sangat Berbahaya, Picu Kerusakan Genetik
Dr Christopher Busby, ilmuwan Inggris pakar kimia fisik dan sekretaris ilmiah Komite Risiko Radiasi Eropa. Foto/sputnik
A A A
FUKUSHIMA - Ketika operator Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima, Tokyo Electric Power Company (TEPCO) dilaporkan mulai membuang air limbah dari pembangkit listrik tersebut ke Samudera Pasifik, ahli kimia fisik Dr Christopher Busby juga khawatir dengan bahaya yang ada.

Tritium yang terkandung dalam air pendingin yang disaring dari situs nuklir Fukushima sangat berbahaya, menurut pakar nuklir terkenal Dr Christopher Busby kepada Sputnik.

"Ia masuk ke dalam tubuh dengan mudah. Ia bertukar dengan hidrogen normal, kadang-kadang menjadi terikat secara organik (kovalen). Ia menyebabkan kerusakan genetik pada dosis konvensional yang sangat kecil (dihitung menggunakan energi per satuan massa, rumus joule/kg dari Komisi Internasional untuk Perlindungan Radiologi yang digunakan oleh IAEA)," ujar Busby.

Setelah berbulan-bulan penuh kontroversi, Jepang sebelumnya mengumumkan mereka akan mulai melepaskan lebih dari satu juta metrik ton air radioaktif yang telah diolah dan sangat encer dari Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima yang lumpuh ke Samudera Pasifik pada tanggal 24 Agustus.

Keputusan tersebut telah dibuat, terlepas dari banyaknya kritik dari masyarakat lokal, komunitas kemanusiaan internasional, serta keberatan keras dari China dan negara tetangga lainnya di kawasan.

Rencana pelepasan air telah terbayang selama bertahun-tahun. Pada tahun 2019, pihak berwenang Jepang memperingatkan mereka kehabisan ruang untuk menyimpan material tersebut.

“Air tersebut tampaknya telah diolah untuk menghilangkan radioisotop yang diyakini oleh regulator menimbulkan risiko terbesar, strontium-90, cesium-137, dan karbon-14. Namun untuk menghilangkan tritium terlalu mahal, sehingga air radioaktif sebagian besar terkontaminasi dengan tritium oksida dalam jumlah besar, dalam bentuk HTO air tritiasi,” papar dia.

Tritium adalah kontaminan terbesar dalam hal radioaktivitas, peluruhan per detik, klik pada penghitung, dari pengoperasian semua proses energi nuklir.

“Neutron, yang penting bagi energi nuklir, menghasilkan tritium melalui berbagai proses di dalam reaktor, dan bahkan di luar reaktor, di mana nuklida, suatu bentuk radioaktif hidrogen, dibentuk dengan menambahkan neutron ke nitrogen di udara, dan oksigen di dalam air, berbagai proses lainnya,” jelas Christopher Busby, ahli kimia fisik dan sekretaris ilmiah Komite Risiko Radiasi Eropa.

Tritium adalah isotop radioaktif hidrogen. Meskipun dihasilkan secara alami dari interaksi sinar kosmik dengan gas di bagian atas atmosfer, ia juga merupakan produk sampingan dari reaktor nuklir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1208 seconds (0.1#10.140)