Pasukan Irak Mulai Operasi Merebut Bandara Mosul

Kamis, 23 Februari 2017 - 16:13 WIB
Pasukan Irak Mulai Operasi Merebut Bandara Mosul
Pasukan Irak Mulai Operasi Merebut Bandara Mosul
A A A
BAGHDAD - Pasukan Irak yang didukung Amerika Serikat (AS) telah pindah untuk merebut kembali bandara utama Mosul. Mereka juga berencana untuk merebut sebuah pangkalan militer terdekat dari Negara Islam.

Serangan ini merupakan bagian dari kampanye yang sedang berlangsung untuk merebut kembali dan mengontrol penuh Mosul dari kelompok teroris. Serangan pasukan Irak didukung oleh jet, drone dan peralatan tempur lainnya seperti dikutip dari Sky News, Kamis (23/2/2017).

Pasukan polisi Irak menyerang bekas bandara yang masih dipegang oleh jihadis. Sedangkan pasukan khusus memimpin serangan terhadap pangkalan militer yang berdekatan dengan bandara. Mereka bergerak dari selatan dan ekstrimis ISIS menarik mereka dalam pertempuran sengit di pinggiran pangkalan Ghatlani.

Perkembangan terbaru ini muncul beberapa hari setelah operasi untuk membebaskan Mosul barat. Mosul menjadi benteng terbesar ISIS yang terakhir di Irak. Operasi penyerangan ini dipimpin oleh tentara dan polisi federal Irak.

Mosul adalah kota terbesar kedua di negara itu yang terbelah dua oleh sungai Tigris. Pasukan pemerintah telah memenangkan wilayah timur pada bulan Januari dalam pertempuran yang memakan waktu berbulan-bulan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3131 seconds (0.1#10.140)