Simpatisan ISIS Lancarkan Serangan Dekat Perbatasan Israel-Yordania

Selasa, 21 Februari 2017 - 14:59 WIB
Simpatisan ISIS Lancarkan Serangan Dekat Perbatasan Israel-Yordania
Simpatisan ISIS Lancarkan Serangan Dekat Perbatasan Israel-Yordania
A A A
AMMAN - Kelompok simpatisan ISIS meluncurkan serangan mendadak terhadap kelompok pejuang moderat Suriah. Mereka menyerang wilayah barat daya Suriah dekat dataran Tinggi Golan dekat perbatasan Yordania-Israel.

Pejuang Suriah mengatakan ISIS mampu memperluas wilayah kontrol mereka dengan menyerang kota-kota Tseel, Sahem al Golan, Adwan dan Tel Jamoua. ISIS mencoba membentuk penghalang alami antara Suriah dan Israel di mana Sungai Yarmouk mengalir.

"Dalam sebuah serangan mendadak, ISIS menyerang wilayah yang dikuasai oleh Tentara Pembebasan Suriah (FSA) yang tidak menduga terjadi begitu cepat," kata seorang pembelot militer Suriah, Kolonel Ismail Ayoub, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (21/2/2017).

Para militan melancarkan serangan fajar dengan skala luas dari kantong mereka di mana mereka bercokol di kota-kota Jamla, Ain Zakar Nafaa dan al Shajra. ISIS mengerahkan puluhan kendaraan lapis baja dan beberapa tank menyerbu kota-kota terdekat. Mereka dibantu oleh sel-sel tidur di antara penduduk setempat yang membantu penyerangan, kata dua sumber pemberontak.

"Pejuang Suriah kemudian berhasil mengusir ISIS setidaknya dari dua desa, Jileen dan Heet, setelah serangan balasan oleh kelompok Southern Front, aliansi FSA yang mengkoordinasikan operasi dari sebuah pusat komando bersama di Yordania," kata Abu Yahya, seorang pejabat pemberontak dari faksi Jabhat Thwar Surya.

Ini termasuk kelompok yang telah menerima beberapa dukungan dari negara-negara asing termasuk pemerintah Teluk Arab.

Sementara itu unit tentara Yordania yang ditempatkan di sepanjang perbatasan dalam kondisi kesiapan tingkat tinggi, ucap salah satu sumber keamanan Yordania. Selain itu, penduduk di daerah itu mengatakan suara mortir terdengar jelas dari pertempuran di perbatasan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5101 seconds (0.1#10.140)