17 Tahun di Pengasingan, Mantan PM Thaksin Akhirnya Kembali ke Thailand

Selasa, 22 Agustus 2023 - 11:10 WIB
loading...
A A A
Pemenang lima pemilu selama dua dekade terakhir, Pheu Thai, raksasa politik yang didirikan oleh keluarga miliarder Shinawatra, telah menyetujui aliansi kontroversial termasuk dua partai yang didukung oleh militer yang menggulingkan pemerintah yang dipimpin oleh Thaksin dan saudara perempuannya Yingluck dalam kudeta tahun 2006 dan 2014.

17 Tahun di Pengasingan, Mantan PM Thaksin Akhirnya Kembali ke Thailand

Foto/Reuters

Srettha, 60, mengatakan Pheu Thai telah gagal mendapatkan mayoritas yang ditargetkan pada pemilu bulan Mei, sehingga satu-satunya peluang mereka untuk memerintah adalah bermitra dengan beberapa saingan yang telah mereka janjikan untuk tidak bekerja sama.

“Kami tidak berbohong kepada rakyat, namun kami harus realistis,” kata Srettha, yang mendapat dukungan dari 317 anggota parlemen dan membutuhkan 58 suara dari Senat untuk mendapatkan dukungan yang diperlukan dari separuh anggota legislatif.

Kembalinya Thaksin, yang dicintai sekaligus dibenci di Thailand, hampir pasti akan membayangi perolehan suara itu.



Mantan polisi, taipan telekomunikasi dan pemilik klub sepak bola Liga Utama Inggris, Thaksin memenangkan hati jutaan kelas pekerja Thailand dengan hadiah populis mulai dari pemberian uang tunai dan pinjaman desa hingga subsidi pertanian dan perawatan kesehatan universal.

Tetapi popularitasnya dan dukungannya untuk gelombang baru kapitalis pemula menempatkannya berselisih dengan perhubungan royalis, militer, dan keluarga uang lama, memicu perebutan kekuasaan yang sulit diselesaikan yang masih dimainkan hingga hari ini.

Thaksin bersikukuh bahwa semua tuduhan dan tudingan terhadap dirinya dibuat-buat untuk menjauhkannya dari kekuasaan dan selama bertahun-tahun berulang kali berjanji akan mengembalikannya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1881 seconds (0.1#10.140)