Kim Jong-un Awasi Uji Rudal di Tengah Latihan Militer Skala Besar AS dan Korea Selatan

Senin, 21 Agustus 2023 - 19:01 WIB
loading...
Kim Jong-un Awasi Uji Rudal di Tengah Latihan Militer Skala Besar AS dan Korea Selatan
Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un memeriksa peluncuran rudal jelajah strategis yang ditembakkan dari kapal patroli Armada Laut Timur. Foto/X/@DDNewslive
A A A
PYONGYANG - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un memeriksa peluncuran rudal jelajah strategis yang ditembakkan dari kapal patroli Armada Laut Timur negaranya.

Kabar itu diungkap kantor berita milik negara Korut. Outlet media merilis gambar Kim sedang memeriksa senjata kapal dan kesiapan tempur saat dia menyaksikan uji coba rudal.

Saat berada di atas kapal, Kim dilaporkan memuji awak kapal karena, "mempertahankan mobilitas tinggi dan kekuatan serangan yang kuat serta kesiapan yang konstan untuk pertempuran guna mengatasi situasi yang tiba-tiba."

Menurut kantor berita tersebut, “Uji coba rudal tersebut memamerkan kemampuan tempur kapal dan mempersiapkan para pelaut melakukan misi serangan dalam perang yang sebenarnya.”

Outlet berita mengutip Kim yang berjanji dia akan meningkatkan upaya membangun kapal perang yang kuat dan memodernisasi sistem senjata kapal permukaan dan kapal bawah air untuk angkatan laut.

Dia juga dilaporkan mendesak para pelaut Korea Utara membangun “kekuatan ideologis dan spiritual yang luar biasa,” dengan mengatakan itu lebih penting daripada keunggulan numerik atau teknis senjata.

Laporan itu tidak merinci tanggal uji coba rudal, yang tampaknya terjadi saat Washington dan Seoul memulai latihan militer skala besar bersama di wilayah tersebut.



Latihan tersebut akan mencakup sekitar 30 acara pelatihan lapangan berdasarkan skenario perang habis-habisan, menurut seorang pejabat dari Kepala Staf Gabungan Korea Selatan.

Ini mengikuti pertemuan puncak trilateral antara para pemimpin AS, Korea Selatan dan Jepang, yang diadakan di tempat peristirahatan presiden AS di Camp David akhir pekan lalu.

Selama pertemuan tersebut, Presiden AS Joe Biden bersama dengan Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida membahas perluasan hubungan keamanan dan ekonomi bersama.

Yoon, pada bagiannya, menunjukkan "ancaman" yang diklaim berasal dari Korea Utara. Dia mengatakan ketiga pemimpin sepakat meningkatkan "kemampuan tanggapan bersama mereka terhadap ancaman nuklir dan rudal Korea Utara, yang telah menjadi lebih canggih dari sebelumnya."
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1717 seconds (0.1#10.140)