Lavrov: Pekan Depan Gencatan Senjata Berlaku di Ukraina

Minggu, 19 Februari 2017 - 00:56 WIB
Lavrov: Pekan Depan Gencatan Senjata Berlaku di Ukraina
Lavrov: Pekan Depan Gencatan Senjata Berlaku di Ukraina
A A A
MUNICH - Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov mengatakan, gencatan senjata antara Ukraina dan kelompok separatis yang didukung oleh Rusia akan berlaku pada 20 Februari mendatang. Kesepakatan itu tercapai setelah melakukan pertemuan dengan Ukraina, Jerman dan Perancis di Munich.

"Pada 20 Februari rezim gencatan senjata akan dimulai dan penarikan alat berat militer juga akan mulai," kata Lavrov kepada wartawan seperti dikutip dari Reuters, Minggu (19/2/2017).

"Kami sangat aktif mendukung keputusan ini dan dengan jelas menyatakan keyakinannya bahwa saat ini, kegagalan seharusnya tidak diperbolehkan mengambil tempat," tegas Lavrov.

Pernyataan Lavrov ini muncul beberapa menit setelah Menteri Luar Negeri Ukraina Pavlo Klimkin mengatakan kepada wartawan ia sama sekali tidak senang dengan pertemuan tersebut.

Krisis di Ukraina timur pecah sejak April 2014. Perang saudara itu telah menewaskan lebih dari 9.700 orang. Konflik sempat mereda setelah kedua pihak mencapai kesepakatan gencatan senjata. Namun, dalam beberapa pekan terakhir konflik di wilayah di Ukraina timur memanas lagi.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3537 seconds (0.1#10.140)