Di Ambang Kekalahan, Ukraina Kekurangan Drone untuk Menyerang Rusia

Senin, 21 Agustus 2023 - 08:45 WIB
loading...
Di Ambang Kekalahan,  Ukraina Kekurangan Drone untuk Menyerang Rusia
Ukraina mengalamin kekurangan pasokan drone. Foto/Reuters
A A A
KYIV - Ukraina semakin intensif melancarkan serangan ke wilayah Rusia sebagai upaya operasi balasan. Tapi, itu tidak didukung dengan pasokan drone yang stabil. Akibatnya, Ukraina disebut berada di ambang kekalahan karena kekurangan drone.

Ukraina tidak memiliki kapasitas pesawat tak berawak untuk menyerang target yang cukup di Rusia untuk memberi demi untuk meraih kemenangan. Apalagi, beberapa bulan terakhir telah terjadi serentetan serangan pesawat tak berawak di Krimea dan Moskow yang diduduki. Memang, serangan pesawat tak berawak Ukraina Moskow menutup keempat bandara utamanya.

Tetapi para analis mengatakan kepada The Washington Post bahwa sementara serangan-serangan ini mungkin mengalihkan perhatian dari serangan balasan Ukraina yang bergerak lambat. Ukraina tidak mungkin membuat banyak perbedaan dalam konflik tersebut.



“Orang-orang Ukraina tidak memiliki kapasitas yang cukup untuk memproduksi drone yang cukup dan menyerang jauh di dalam wilayah Rusia pada target yang cukup untuk mengikis keinginan Rusia untuk berperang,” kata Bob Hamilton, seorang pensiunan kolonel Angkatan Darat AS dan kepala penelitian di Lembaga Penelitian Kebijakan Luar Negeri Eurasia Program, kepada The Washington Post.

Ukraina hanya dapat menggunakan pesawat tak berawaknya sendiri untuk menyerang di dalam Rusia karena pembatasan penggunaan senjata NATO di wilayah Rusia.

Di Ambang Kekalahan, Ukraina Kekurangan Drone untuk Menyerang Rusia

Foto/Reuters

Rusia juga secara signifikan meningkatkan kemampuan peperangan elektroniknya selama konflik. Itu memungkinkan mereka untuk mendeteksi dan memerangi drone Ukraina secara lebih efektif dengan mengganggu atau menjatuhkannya.

Sementara Kyiv telah bertanggung jawab atas beberapa serangan terhadap sasaran Rusia di Krimea dan Laut Hitam, pemerintah lebih tidak jelas tentang yang ada di wilayah Rusia.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1731 seconds (0.1#10.140)