Marah Wapres Taiwan Sambangi AS, China Gelar Latihan Militer

Minggu, 20 Agustus 2023 - 10:42 WIB
loading...
A A A
"Republik China, Taiwan, adalah negara berdaulat dan memiliki hak yang sah dan legal untuk melakukan interaksi diplomatik yang normal dengan negara-negara sahabat," tambahnya dalam sebuah pernyataan, menggunakan nama resmi pulau itu.

Seorang juru bicara Departemen Luar Negeri AS mendesak Beijing untuk menghentikan tekanan militer, diplomatik, dan ekonominya terhadap Taiwan dan sebaliknya terlibat dalam dialog yang berarti, menambahkan bahwa AS akan terus memantau latihan tersebut dengan cermat.



Pejabat Taiwan mengatakan China kemungkinan akan melakukan latihan militer di dekat pulau itu minggu ini, menggunakan persinggahan Lai di AS sebagai dalih untuk mengintimidasi pemilih menjelang pemilihan presiden tahun depan dan membuat mereka takut perang.

Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu menulis di platform media sosial X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, bahwa China telah menegaskan ingin membentuk pemilihan pulau itu, tetapi terserah rakyat Taiwan untuk memutuskan, "bukan malah mengganggu tetangga sebelahnya".

“Dengar, China harus mengadakan pemilihannya sendiri; saya yakin rakyatnya akan senang,” tambahnya.

Beberapa jam sebelum latihan, Presiden AS Joe Biden dan para pemimpin Korea Selatan (Korsel) dan Jepang sepakat di Camp David untuk memperdalam kerja sama pertahanan dan ekonomi, sambil menegaskan kembali pentingnya perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan sebagai elemen keamanan dan kemakmuran yang sangat diperlukan di masyarakat internasional.

Manuver China pada hari Sabtu sendiri sepenuhnya tidak segera jelas, dan tidak ada tanda-tanda peringatan di jalan-jalan Taiwan, yang telah lama terbiasa dengan ancaman China.

"Saya kira tidak akan ada perang, saya tidak takut," kata mahasiswi Taiwan, Chou Yu-hsuan (20).

Atase dan analis pertahanan regional sedang meneliti skala dan intensitas operasi, berusaha mengukurnya dengan latihan perang intensif China pada Agustus 2022 dan April tahun ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1155 seconds (0.1#10.140)