Marah Wapres Taiwan Sambangi AS, China Gelar Latihan Militer

Minggu, 20 Agustus 2023 - 10:42 WIB
loading...
A A A


Komando Teater Timur PLA mengatakan sedang mengadakan latihan bersama dan pelatihan angkatan laut dan udara, dengan fokus pada koordinasi kapal-pesawat, merebut kendali dan latihan anti-kapal selam di utara dan barat daya Taiwan untuk menguji "kemampuan tempur aktual" pasukan tersebut.

"Ini adalah peringatan serius terhadap pasukan separatis kemerdekaan Taiwan yang berkolusi dengan kekuatan eksternal untuk memprovokasi," katanya.

Komando tersebut merilis rekaman video yang konon diambil pada hari Sabtu, menunjukkan jet tempur J-16 dan J-10 serta kapal perusak angkatan laut sedang berpatroli.

Dalam teks yang menyertai rekaman itu, dengan musik orkestra yang menggelegar, dikatakan bahwa latihan itu untuk menguji kemampuan tempur sebenarnya dari operasi gabungan pasukan di bawah pusat komando China itu.

Alutsista yang dikerahkan termasuk kapal perusak, fregat dan kapal rudal serang cepat serta pesawat tempur, peringatan dini serta jamming yang berkumpul di area yang telah ditentukan.

"Pasukan melakukan pengepungan segala arah pulau," kata pernyataan itu.

Pemerintah Taiwan mengutuk keras latihan tersebut, dengan Kementerian Pertahanan negara itu mengatakan pihaknya memiliki kemampuan, tekad, dan kepercayaan diri untuk memastikan keamanan nasional.

Sebagai balasan, Kementerian Pertahanan Taiwan merilis video pendek rekaman tak bertanggal yang menunjukkan pasukan Taiwan di laut, di jalan-jalan kota, dan di pedesaan. Juga diatur dengan musik orkestra, video itu berjudul "teguh mempertahankan kedaulatan nasional dan melindungi kebebasan demokrasi dan keamanan rakyat!"

Dewan Urusan Daratan pemerintah, yang membuat kebijakan China Taiwan, mendesak Beijing untuk menghentikan intimidasinya serta memulai pembicaraan, dengan mengatakan rakyat Taiwan bertekad untuk membela diri dan tidak akan pernah menyerah pada ancaman kekuatan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1377 seconds (0.1#10.140)