China Terus Tingkatkan Infrastruktur Udara di Tibet dan Xinjiang Dekat Perbatasan India

Sabtu, 19 Agustus 2023 - 12:35 WIB
loading...
China Terus Tingkatkan Infrastruktur Udara di Tibet dan Xinjiang Dekat Perbatasan India
China terus meningkatkan infrastruktur Angkatan Udara di Tibet dan Xinjiang yang dekat dengan perbatasan India. Foto/CCTV
A A A
BEIJING - Militer Beijing terus meningkatkan laju pengembangan infrastruktur Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat (PLAAF) China di wilayah Tibet dan Xinjiang yang dekat dengan perbatasan India.

Mengutip dari laporan Daily Asian Age, Sabtu (19/8/2023), sejumlah lapangan udara PLAAF di Daerah Otonomi Tibet (TAR) telah berdampak signifikan di front India, yang dapat sewaktu-waktu digunakan sebagai basis untuk melancarkan operasi militer ke negara tetangga.

Beberapa tahun lalu, sebagian lapangan udara di TAR digunakan untuk operasi penerbangan sipil, dan sebagian lainnya untuk mengakomodasi pesawat jet tempur. Sejumlah heliport juga telah dibangun atau masih dalam pembangunan.



Demikian pula di wilayah Xinjiang. PLAAF memiliki total 28 lapangan udara, tiga di antaranya baru, 15 telah ditingkatkan (upgrade), dan 10 tetap dalam kondisi seperti sebelumnya. Jumlah lapangan udara yang berpotensi digunakan dalam operasi menghadapi India adalah tiga, sementara sisanya hanya bertindak sebagai pangkalan pengumpan.

Ketiga pangkalan itu adalah Hotan, Kashghar dan pangkalan baru Bandara Tashkurgan Khunjerab. Karena Tashkurgan baru dibuka pada Desember 2022, penggunaan militernya belum diterapkan oleh PLAAF.

Banyaknya jumlah pangkalan udara di Tibet dan Xinjiang mengesankan, dan media China ingin dunia mengetahuinya sebagai bagian dari propaganda yang lebih besar dan kuat.

Semua data-data mengenai jumlah pangkalan udara ini telah diumumkan oleh sejumlah media China. Kekuatan tempur efektif PLAAF dideskripsikan Beijing telah dibangun di bidang infrastruktur, kemampuan (platform dan senjata), jumlah, pelatihan, dan kepemimpinan.

Meski jumlah infrastruktur di wilayah-wilayah tersebut meningkat, bukan berarti kemampuan China untuk memproyeksikan kekuatan juga bertambah dalam proporsi yang sama. Peningkatan lapangan terbang dan infrastruktur terkait seperti Hardened Aircraft Shelter (HAS) hanya dapat mengurangi kerentanannya terhadap ancaman serangan, bukan menghilangkan sepenuhnya.

Faktor Ketinggian dan Temperatur


Sebagian besar lapangan terbang China di Tibet dan Xinjiang seperti Lhasa-Gonggar, Linzhi-Mainling, Shigatse, Chamdo Bangda, Ngari Gunsa dan tiga yang baru, yaitu Lhuntze di Lhokha, Tingri, dan Burang berada pada ketinggian 3600 meter ke atas dengan pengecualian Linzhi, Hotan dan Kashghar.
China Terus Tingkatkan Infrastruktur Udara di Tibet dan Xinjiang Dekat Perbatasan India

Foto/India Today
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1084 seconds (0.1#10.140)