Kanada Ketar-ketir dengan Hasil Pemilu Presiden AS pada 2024

Sabtu, 19 Agustus 2023 - 06:01 WIB
loading...
Kanada Ketar-ketir dengan Hasil Pemilu Presiden AS pada 2024
Menteri Luar Negeri (Menlu) Kanada Melanie Joly. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Menteri Luar Negeri (Menlu) Kanada Melanie Joly mengklaim Ottawa sedang mengerjakan tanggapan pemerintah terhadap potensi munculnya pemimpin otoriter di Amerika Serikat (AS) setelah pemilu presiden 2024.

Berbicara kepada penyiar Montreal, dia menambahkan para pejabat sedang bersiap menghadapi “situasi sulit.”

Joly mengatakan beberapa "skenario" sedang dikembangkan seputar hasil potensial pertarungan tahun depan di AS. Meskipun demikian, dia mengungkapkan sedikit detail tentang rencana tersebut.

“Secara umum, ada rencana permainan kami, tepatnya untuk dapat mengelola situasi yang agak sulit,” papar dia.

Dia menambahkan, “Saya akan bekerja dengan kolega saya dan dengan wali kota, perdana menteri provinsi, dengan komunitas bisnis, dengan serikat pekerja, dengan semua orang di negara ini, sehingga kami siap terlepas dari hasil pemilu.”

Kampanye untuk pemilu presiden 2024 telah menjadi perdebatan, dengan berbagai jajak pendapat menunjukkan mantan Presiden Donald Trump sebagai kandidat terdepan untuk nominasi Partai Republik, meskipun ada serangkaian tuntutan pidana yang sedang berlangsung.

Diajukan awal pekan ini, dakwaan terbaru menuduh mantan presiden itu melanggar Undang-undang pemerasan Georgia, di antara pelanggaran lainnya, sehubungan dengan dugaan upaya membatalkan kemenangan pemilu 2020 Joe Biden.



Trump juga menghadapi litigasi di New York atas dugaan skema uang tutup mulut dengan aktris porno Stormy Daniels, serta kasus federal terpisah atas dugaan kesalahan penanganan materi rahasia dan campur tangan pemilu.

Meski Trump telah membantah semua kesalahan dalam setiap kasus, kemungkinan hukuman penjara untuk mantan panglima tertinggi dan calon presiden saat ini telah memicu kekhawatiran kerusuhan politik lebih besar.

Menjelang penampilan pengadilan pertama Trump untuk kasus dokumen rahasianya, penegak hukum di Florida meningkatkan tindakan pencegahan keamanan jika terjadi protes kekerasan.

Meskipun tidak pernah terwujud, para demonstran terus menghadiri sidang Trump, dengan para pendukung dan kritikus berhadapan di gedung pengadilan federal di Washington DC awal bulan ini.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1419 seconds (0.1#10.140)