Waria Berpakaian Seperti Yesus Gemparkan Filipina, Berujung Tuntutan Hukum

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 22:08 WIB
loading...
Waria Berpakaian Seperti Yesus Gemparkan Filipina, Berujung Tuntutan Hukum
Waria asal Filipina Pura Luka Vega hadapi tuntutan hukum dari kelompok Kristen karena berpakaian seperti Yesus. Foto/BBC
A A A
MANILA - Kelompok-kelompok Kristen di Filipina telah mengajukan tuntutan pidana terhadap waria yang berpakaian seperti Yesus Kristus dan membawakan lagu doa the Lord's Prayer.

Tuntutan yang diajukan ke jaksa menuduh pelaku, Pura Luka Vega yang berusia 33 tahun, menodai kepercayaan dan pelindung agama mereka.

Video Luka berjanggut yang membawakan syair dalam bahasa Filipina yang viral bulan lalu, menyebabkan kegemparan.

Luka membela penampilan mereka dan menyebutnya sebagai seni.

Mereka pernah tampil sebagai Yesus sebelumnya, tetapi penampilan terbaru mereka menarik perhatian setelah Luka membagikan videonya di platform media sosial X, sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

Hal itu membuat marah negara yang sangat religius itu, di mana beberapa pemimpin gereja dan anggota parlemen menyebut pertunjukan itu sebagai bentuk "menghina Tuhan".

Filipina, bekas jajahan Spanyol, mayoritas beragama Katolik Roma - hampir 80% dari negara tersebut teridentifikasi demikian, menurut jajak pendapat terbaru di bulan Februari.



Pada akhir Juli, Gerakan Filipina untuk Yesus, yang terdiri dari para pemimpin gereja Protestan, mendaftarkan pengaduan pidana pertama ke Kantor Kejaksaan Manila.

Mereka menuduh Luka melanggar Pasal 201 hukum pidana negara, yang menghukum publikasi dan pameran cabul serta pertunjukan tidak senonoh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1352 seconds (0.1#10.140)