Kebun Binatang Manusia, Penghinaan Paling Kurang Ajar oleh Penjajah Barat

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 04:05 WIB
loading...
A A A
“Kami pikir kami layak dianggap sebagai manusia, dengan jiwa.”

Pada hari Senin, 8 September 1906, hanya dalam dua hari, para direktur memutuskan untuk menutup pameran, dan Benga bisa jadi ditemukan berjalan-jalan di kebun binatang, sering diikuti oleh kerumunan yang "melolong, mencemooh, dan berteriak".

Di kebun binatang manusia di awal abad ke-20, penduduk asli yang dipamerkan menghadapi sejumlah tantangan. Anggota suku Afrika diharuskan mengenakan pakaian tradisional yang ditujukan untuk panas khatulistiwa, bahkan dalam suhu Desember yang membekukan, dan penduduk desa Filipina diharuskan melakukan ritual makan anjing musiman berulang kali untuk mengejutkan penonton. Kurangnya air minum dan kondisi sanitasi yang buruk menyebabkan disentri merajalela dan penyakit lainnya.

Dalam kebanyakan kasus, tidak ada jeruji untuk mencegah orang-orang di kebun binatang manusia melarikan diri, tetapi sebagian besar, terutama yang dibawa dari benua asing, tidak punya tempat lain untuk pergi.

Didirikan di “desa etnis” tiruan, penduduk asli diminta untuk melakukan tugas sehari-hari yang khas, memamerkan keterampilan “primitif” seperti membuat perkakas batu, dan ritual pantomim. Dalam beberapa pertunjukan, pemain pribumi terlibat dalam pertempuran palsu atau ujian kekuatan.

Pada akhirnya, tidak ada kemarahan atas penaklukan manusia yang mengakhiri kebun binatang manusia. Pada tahun-tahun menjelang Perang Dunia II dan seterusnya, waktu dan perhatian publik dialihkan dari kesembronoan menuju konflik geopolitik dan keruntuhan ekonomi.

Pada pertengahan abad ke-20, televisi menggantikan sirkus dan "kebun binatang manusia" sebagai mode hiburan yang disukai, dan tampilan hiburan penduduk asli tidak lagi populer.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1795 seconds (0.1#10.140)