Dapat Lampu Hijau dari AS, Israel Jual Sistem Pertahan Rudal Arrow 3 ke Jerman

Kamis, 17 Agustus 2023 - 21:32 WIB
loading...
Dapat Lampu Hijau dari AS, Israel Jual Sistem Pertahan Rudal Arrow 3 ke Jerman
Dapat lampu hijai dari AS, Israel jual sistem pertahanan rudal Arrow 3 ke Jerman. Foto/The Drive
A A A
TEL AVIV - Kementerian Pertahanan Israel mengatakan Amerika Serikat (AS) telah memberikan lampu hijau untuk menjual sistem pertahanan rudal Arrow 3 ke Jerman .

"Penjualan USD3,5 miliar akan menjadi kesepakatan pertahanan terbesar Israel," kata kementerian itu seperti disitir dari DW, Kamis (17/8/2023).

Menurut pernyataan dari Kementerian Pertahanan Israel, perjanjian pembelian sekarang harus ditandatangani oleh Kementerian Pertahanan kedua negara dan Israel Aerospace Industries, dengan kontrak akan selesai pada akhir tahun 2023.

"Kontrak itu akan didahului dengan Surat Komitmen yang ditandatangani oleh Israel dan Jerman, dengan pembayaran awal USD600 juta," kata pernyataan itu.

Seorang pejabat pertahanan Israel yang dikutip oleh kantor berita Reuters mengatakan sistem itu diharapkan akan beroperasi penuh di Jerman pada tahun 2030.

Sistem pertahanan rudal Arrow 3, yang dikembangkan bersama oleh badan pertahanan rudal Israel dan AS, dirancang untuk mencegat rudal balistik di atas atmosfer bumi.



Jerman mengatakan akan menerima pengiriman Arrow 3 pada kuartal keempat tahun 2025.

Berlin berusaha untuk meningkatkan kemampuan pertahanan udaranya sehubungan dengan invasi besar-besaran Rusia ke Ukraina, yang telah memicu kekhawatiran keamanan di seluruh Eropa.

Ketua Komite Pertahanan parlemen Jerman, Marie-Agnes Strack-Zimmermann, mengatakan dia "sangat lega" dengan keputusan AS untuk mengizinkan penjualan sistem pertahanan rudal tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1156 seconds (0.1#10.140)