China Diduga Tangkap Lebih dari 1.000 Anggota Gereja Terlarang di 3 Provinsi

Rabu, 16 Agustus 2023 - 12:01 WIB
loading...
China Diduga Tangkap Lebih dari 1.000 Anggota Gereja Terlarang di 3 Provinsi
Para anggota komunitas gereja terlarang di China, The Church of Almighty God (CAG), saat di bawa ke pengadilan. Foto/Xinhua
A A A
BEIJING - Partai Komunis China (PKC) baru-baru ini melakukan operasi penangkapan terkoordinasi terhadap anggota dari The Church of Almighty God (CAG), gerakan agama Kristen terbesar di China.

Menurut keterangan salah satu anggota CAG kepada majalah daring Bitter Winter, operasi penangkapan terparah terjadi di Provinsi Zhejiang, Fujian, dan Jiangsu.

PKC telah melarang CAG—atau biasa juga disebut Eastern Lightning—karena dianggap memiliki ajaran dan sikap yang bertentangan dengan nilai-nilai pemerintah China.

Menurut laporan South China Morning Post (SCMP) pada Mei lalu, Amerika Serikat (AS) menuduh China telah memenjarakan sebanyak 10.000 orang atau lebih sepanjang 2022 dalam kampanye penindasan yang luas terhadap kepercayaan agama. Disebutkan bahwa tindakan China ini bertujuan membawa semua aktivitas teologis di bawah kendali PKC.

Estimasi dari jumlah orang yang dipenjara terkait grup agama di China berkisar dari ribuan hingga lebih dari 10.000. Angka tersebut tercantum dalam Laporan Kebebasan Beragama Internasional Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat, yang telah diterbitkan setiap tahun sejak 1999 dan mencakup hampir 200 negara.



Bagian laporan tentang China mengacu pada laporan dari kelompok advokasi hak asasi manusia (HAM), termasuk Freedom House dan juga The Church of Almighty God. Ada juga informasi publik dari pemerintah China di laporan Kementerian Luar Negeri AS tersebut.

Sementara itu, pada 15 Juni lalu, hanya dalam satu hari, setidaknya 1.043 anggota CAG di Provinsi Zhejiang telah ditahan, dan hingga saat ini 408 lainnya masih dalam tahanan, terancam menghadapi tuntutan serta hukuman. Satu anggota meninggal dunia hanya tiga hari setelah penangkapannya.

“Orang dalam” di pemerintah Provinsi Zhejiang mengatakan kepada Bitter Winter bahwa operasi penangkapan terkoordinasi ini telah direncanakan hingga setahun lalu. Pada malam 14 Juni, Biro Keamanan Umum Zhejiang mengeluarkan perintah langsung, memberikan daftar penangkapan ke departemen Biro Keamanan Umum di berbagai kotamadya.

China Memberantas CAG


Petugas dari keamanan publik, keamanan nasional, polisi bersenjata, dan polisi pasukan khusus melakukan operasi gabungan untuk menangkap anggota CAG. Di kota Hangzhou, 189 dari mereka ditangkap hanya dalam satu hari. Sebanyak 170 anggota CAG ditangkap di kota Wenzhou, dan lebih dari 100 lainnya di kota Jinhua dan Quzhou.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1152 seconds (0.1#10.140)