AS Dituduh Khianati Sekutunya Terkait Kudeta Militer Niger

Selasa, 15 Agustus 2023 - 10:16 WIB
loading...
A A A
Sekarang, Paris khawatir Washington dapat mencapai kesepakatan dengan pemerintah militer Niger di belakang punggung Prancis.

Sekadar diketahui, AS memiliki kekuatan yang cukup besar di Niger, berjumlah sekitar 1.300 tentara dan hampir menyamai Prancis, yang memiliki sekitar 1.500 prajurit di negara itu.

Pasukan Amerika dibagi antara dua pangkalan, yang terletak di Ibu Kota Niger, Niamey, dan kota Agadez di wilayah utara.

Agadez dilaporkan sangat penting bagi Washington karena menampung jalur pendaratan untuk drone dan berfungsi sebagai pusat pengawasan untuk wilayah besar yang membentang dari Afrika Barat hingga Libya di utara.

Menurut laporan Le Figaro, Paris juga tidak senang dengan fakta bahwa, meskipun Prancis dan AS memiliki pasukan di Niger, hanya kehadiran Prancis yang memicu kebencian di antara penduduk setempat.

"Amerika Serikat, seperti sekutu kami yang lain dalam hal ini, memiliki kebiasaan membiarkan kami menerima pukulan," kata diplomat Prancis itu kepada Le Figaro.

Kudeta di Niger terjadi pada 26 Juli, ketika Paspampres yang dipimpin oleh Jenderal Abdourahmane Tchiani menahan Bazoum dan keluarganya, dengan alasan situasi keamanan yang memburuk dan pemerintahan yang buruk.

Langkah tersebut memicu kecaman dari kekuatan global, sementara ECOWAS memberlakukan sanksi keras terhadap Niger dan mengeluarkan ultimatum kepada para pemimpin kudeta untuk membebaskan Bazoum atau menghadapi intervensi militer.

Pada hari Senin (14/8/2023), pemerintah militer Niger setuju untuk mengadakan pembicaraan dengan ECOWAS dalam upaya meredakan ketegangan di wilayah tersebut.

Nuland mengunjungi Niger Senin pekan lalu. Selama pembicaraan, dia memperingatkan pemerintah militer baru agar tidak membuat kesepakatan apa pun dengan perusahaan militer swasta Rusia; Wagner Group, dan mendesak mereka untuk memulihkan status quo yang bersahabat dengan Washington.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1204 seconds (0.1#10.140)