AS Capai Kesepakatan Bebaskan Warga Amerika yang Ditahan di Iran

Jum'at, 11 Agustus 2023 - 14:01 WIB
loading...
A A A
Namazi ditangkap pada tahun 2015, sementara Tahbaz dan Shargi keduanya ditangkap pada tahun 2018.

Sekarang berusia 51 tahun, Namazi dikeluarkan dari pertukaran tahanan tahun 2016 terkait dengan kesepakatan nuklir Iran dan telah mengajukan permohonan publik kepada Biden untuk merundingkan pembebasannya.

Dana Iran senilai USD6 miliar yang termasuk dalam kesepakatan terbaru saat ini disimpan di rekening Korea Selatan yang dibatasi karena sanksi AS.

Jika perjanjian itu diselesaikan, uang itu akan ditransfer ke negara lain, dilaporkan Qatar, dan tersedia untuk Iran dengan beberapa ikatan.

Pejabat AS berupaya membatasi penggunaan uang itu untuk tujuan perdagangan yang diizinkan berdasarkan sanksi Washington.

Perjanjian tersebut tampaknya tidak memasukkan ketentuan apa pun yang terkait dengan program nuklir Iran.

Washington keluar dari kesepakatan nuklir Iran, yang secara resmi dikenal sebagai Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA), pada 2018.

Biden berjanji selama kampanye presiden 2020 untuk menghidupkan kembali dan memperkuat JCPOA, tetapi dia belum berhasil melakukannya sejak menjabat pada Januari 2021.

Ketegangan AS-Iran telah meningkat sejak Presiden Donald Trump menarik diri dari JCPOA pada tahun 2018.

Kedua belah pihak meningkatkan senjata militer mereka di Selat Hormuz, chokepoint terpenting dunia untuk pasokan minyak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1334 seconds (0.1#10.140)