9 Perang Terbesar di Zaman Kuno, Nomor 8 Melibatkan Firaun dari Mesir

Jum'at, 11 Agustus 2023 - 02:35 WIB
loading...
9 Perang Terbesar di Zaman Kuno, Nomor 8 Melibatkan Firaun dari Mesir
Perang Edessa merupakan salah satu perang terbesar di zaman kuno. Foto/World Atlas
A A A
WASHINGTON - Perang selalu menjadi bagian penting dari sejarah manusia. Dari pertempuran Waterloo hingga menyerbu pantai Normandia, pertempuran sering menentukan siapa yang memenangkan perang.

Sementara banyak yang tahu tentang pertempuran besar yang terjadi di tahun 1800-an dan 1900-an, sedikit yang tahu tentang pertempuran di zaman kuno. Namun, pertempuran di zaman kuno tidak kalah pentingnya dengan yang terjadi baru-baru ini. Peperangan di zaman dahulu bahkan bisa menumpahkan pemahaman atas kondisi bangsa-bangsa saat ini.

Berikut adalah 9 perang terbesar di zaman kuno.

1. Perang Watling Street (61 M)

9 Perang Terbesar di Zaman Kuno, Nomor 8 Melibatkan Firaun dari Mesir

Foto/Ist

Melansir World Atlas, pertempuran Watling Street adalah pertempuran yang terjadi pada zaman kuno sebagai bagian dari pemberontakan Iceni melawan pemerintahan Romawi. Pemberontakan Iceni dimulai dengan kematian Raja Prastagus dari Iceni.

Setelah Raja Iceni meninggal, surat wasiatnya menyerahkan tanahnya kepada putri-putrinya dan kaisar Nero. Namun, orang Romawi mengabaikan kehendak Raja Iceni. Mereka tidak hanya mengambil tanahnya, tetapi juga mencambuk jandanya Boudica dan memperkosa putri mereka. Ini mendorong Boudica untuk mengambil tindakan melawan pemerintahan Romawi.

Boudica memimpin Iceni dalam Pemberontakan, pertama menyerang Camulodunum. Dalam serangan ini, pasukan Boudica membunuh ribuan orang dan membakar kuil Claudius. Boudica kemudian mengarahkan pasukannya ke kota London.

Di London, dia membakar kota dan membunuh siapa saja yang tidak melarikan diri. Sebagai tanggapan, gubernur Romawi Gaius Suetonius Paulinus mengumpulkan sekitar 10.000 orang untuk melawan pemberontakan Boudica.

Pasukan Suetonius menghadapi pemberontakan Boudica di jalan Romawi yang dikenal sebagai Jalan Watling. Pertempuran Watling Street adalah pertempuran terakhir dalam pemberontakan Boudica.

Pemberontakan Boudica melebihi jumlah tentara Gubernur Romawi, tetapi meskipun jumlahnya banyak, pemberontakan Boudica bukanlah tandingan tentara Romawi. Bangsa Romawi memiliki baju besi dan persenjataan canggih yang tidak dimiliki orang-orang Boudica. Iceni tidak dapat melarikan diri dan kalah dalam pertempuran.


2. Perang Sungai Fei – 383 M

9 Perang Terbesar di Zaman Kuno, Nomor 8 Melibatkan Firaun dari Mesir

Foto/Ist

Pertempuran Sungai Fei adalah pertempuran besar lainnya yang diingat dari dunia kuno dan merupakan salah satu pertempuran terpenting dalam sejarah China. Dua kekuatan kekuatan yang berlawanan, Dinasti Jin, dan Qin Awal, bekerja untuk membangun kekuasaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1898 seconds (0.1#10.140)