Pesawat Turki Jatuh Timpa Perumahan di Kyrgyzstan, 37 Tewas

Senin, 16 Januari 2017 - 22:47 WIB
Pesawat Turki Jatuh Timpa Perumahan di Kyrgyzstan, 37 Tewas
Pesawat Turki Jatuh Timpa Perumahan di Kyrgyzstan, 37 Tewas
A A A
BISHKEK - Sebuah pesawat jet kargo Turki jatuh pada hari Senin (16/1/2017) dan menimpa perumahan di luar bandara utama di Kyrgyzstan. Sebanyak 37 orang tewas dalam tragedi ini.

Kementerian Darurat Kyrgyztan mengatakan pesawat jet Boeing 747 jatuh di luar bandara Manas, selatan Ibu Kota Bishkek. Tragedi itu tak hanya menewaskan orang-orang di dalam pesawat tapi juga orang-orang di daerah perumahan.

”Menurut informasi awal, pesawat itu jatuh karena kesalahan pilot,” kata Wakil Perdana Menteri Kyrgyztan Muhammetkaly Abulgaziev di stasiun televisi negara, seperti dikutip news.com.au.

Kantor Pers Presiden Kyrgyztan melaporkan, dari 37 jenazah korban tewas beberapa di antaranya telah dievakuasi. Sebanyak 15 korban luka, termasuk di antaranya enam anak telah dirawat di rumah sakit.

Lebih dari 1.000 pekerja penyelamat sudah berada di tempat kejadian sejak pagi tadi. Menurut Abulgaziyev, 15 rumah hancur dalam tragedi jatuhnya pesawat.

Penyebab kecelakaan itu belum jelas. Namun, Menteri Darurat Kyrgyztan Kubatbek Boronov mengatakan kepada wartawan bahwa cuaca di Manas berkabut ketika pesawat turun.

laporan sejumlah media Turki mengatakan pesawat itu milik perusahaan kargo yang berbasis di Istanbul. Pesawat berangkat dari Hong Kong.

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu Senin menyatakan rekannya Menteri Luar Negeri Kyrgyztan Erlan Abdildaev telah menyampaikan belasungkawa kepada Turki.

Otoritas Bandara Manas menyatakan bandara telah ditutup dan penerbangan dibatalkan sampai malam ini.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3647 seconds (0.1#10.140)