Hindari Pertumpahan Darah, Presiden Kyrgyzstan Mengundurkan Diri

Jum'at, 16 Oktober 2020 - 01:48 WIB
loading...
Hindari Pertumpahan Darah, Presiden Kyrgyzstan Mengundurkan Diri
Presiden Kyrgyzstan, Sooronbai Jeenbekov, mengundurkan diri menyusul aksi protes atas pemilu parlemen yang disengketakan. Foto/AP
A A A
BISHKEK - Presiden Kyrgyzstan , Sooronbai Jeenbekov, mengundurkan diri menyusul aksi protes atas pemilu parlemen yang disengketakan. Ini untuk ketiga kalinya dalam 15 tahun terakhir pemimpin negara di Asia Tengah itu digulingkan oleh pemberontakan rakyat.

Jeenbekov, yang mendapat tekanan untuk mundur dari protes dan beberapa politisi oposisi termasuk perdana menteri baru, telah menolak seruan untuk mundur sehari sebelumnya. Namun dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh kantornya, dia mengatakan bahwa dia takut akan terjadi kekerasan jika dia tetap berkuasa, mengingat para pengunjuk rasa berhadapan dengan polisi dan militer.

“Dalam hal ini, darah akan tertumpah. Itu tidak bisa dihindari,” kata pernyataan itu.

"Saya tidak ingin tercatat dalam sejarah sebagai presiden yang menumpahkan darah dan menembak warganya sendiri," sambung pernyataan itu seperti dilansir dari Associated Press, Jumat (16/10/2020).

Jeenbekov mengatakan situasi di Bishkek "tetap tegang" dan dia tidak ingin meningkatkan ketegangan itu. Ia mendesak politisi oposisi agar pendukung mereka tidak turun ke jalan dan membawa kehidupan damai kembali kepada rakyat.

Para pengunjuk rasa di ibu kota Bishkek merayakan keputusan Presiden Sooronbai Jeenbekov, tetapi tidak jelas apakah itu akan meredakan kerusuhan yang melanda negara itu sejak pekan lalu. Para demonstran dengan cepat menuntut agar parlemen dibubarkan dan penuturnya, yang berada di urutan berikutnya dalam urutan suksesi, juga mundur.

Parlemen harus secara resmi menyetujui pengunduran dirinya, dan Ketua Kanat Isayev, yang ditunjuk awal pekan ini, mengatakan kepada media lokal bahwa mereka akan bertemu hari ini untuk mempertimbangkannya. Menaikkan kemungkinan kekacauan politik lebih lanjut, Isayev mengatakan kepada outlet berita Kyrgyz 24.kg bahwa dia merasa tidak memiliki hak untuk mengambil alih kursi kepresidenan karena masa jabatan parlemen saat ini akan segera berakhir.

Negara berpenduduk 6,5 juta orang di perbatasan dengan China itu jatuh ke dalam kekacauan setelah pemilu parlemen pada 4 Oktober lalu menghasilkan kemenangan bagi partai-partai pro-pemerintah. Pihak oposisi mengatakan pemungutan suara dinodai oleh pembelian suara dan penyimpangan lainnya.

Para pengunjuk rasa kemudian mengambil alih gedung-gedung pemerintah, menjarah beberapa kantor, dan Komisi Pemilihan Pusat membatalkan pemilu. Pihak oposisi kemudian mengumumkan rencana untuk menggulingkan Jeenbekov dan membentuk pemerintahan baru.

Jeenbekov kemudian memberlakukan keadaan darurat di Bishkek, yang disahkan oleh parlemen pada Selasa. Pihak berwenang lantas mengerahkan pasukan ke Ibu Kota dan memberlakukan jam malam.(Baca juga: Demo Berlanjut, Presiden Kyrgyzstan Umumkan Keadaan Darurat )
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1951 seconds (0.1#10.140)