Korea Utara Memodernisasi Pabrik Produksi Tank Tempur Utama

Rabu, 09 Agustus 2023 - 08:15 WIB
loading...
Korea Utara Memodernisasi Pabrik Produksi Tank Tempur Utama
Pabrik tank Kusong di Korea Utara setelah renovasi terbaru menurut gambar yang diambil Planet Labs tertanggal 30 Juni 2023, dan diedit NK Pro. Foto/Planet Labs/NK Pro.
A A A
PYONGYANG - Korea Utara (Korut) bercita-cita memproduksi secara massal desain tank baru, yang pertama kali dipamerkan selama parade militer pada tahun 2020 lalu.

Baru-baru ini, televisi pemerintah negara tersebut merilis rekaman pertama dari tank generasi berikutnya pada jarak tembak, yang memicu spekulasi di media mengenai tempat produksi.

Republik Rakyat Demokratik Korea (DPRK) telah melakukan renovasi besar-besaran di pabrik untuk produksi tank tempur utamanya, serta peluncur terlacak, menurut citra satelit Planet Labs yang dianalisis laporan media.

Setelah beberapa tahun tertunda, perombakan diduga terjadi di kompleks pabrik tank Kusong, yang secara resmi disebut “pabrik mesin yang dikelola oleh Ho Chol Yong,” yang terletak di barat laut negara itu di Provinsi Pyongyang Utara, antara Oktober 2022 dan Juni 2023.

Satu aula manufaktur baru yang luas, dua kali ukuran yang ada, telah selesai, menurut analisis.

Seluruh proyek renovasi dan konstruksi baru seolah-olah menggabungkan lebih dari selusin struktur yang berhubungan dengan produksi, mencakup area seluas 9,3 hektar.

Televisi negara Korea Utara baru-baru ini menunjukkan cuplikan dari tank tempur generasi berikutnya yang sedang diuji dalam latihan tempur di jarak tembak dan menggunakan jenis amunisi yang tidak ditentukan dari senjata utamanya untuk menandai peringatan 70 tahun berakhirnya Perang Korea.



Laporan media mengklaim telah melakukan geolokasi rekaman tersebut ke tempat pembuktian di Kusong, di selatan pabrik.

Parade tersebut bertepatan dengan perayaan gencatan senjata yang mengakhiri Perang Korea 1950-1953, dan menampilkan rudal balistik antarbenua Hwasong-17 dan bahan bakar padat Hwasong-18 Korea Utara, serta penerbangan kendaraan udara tak berawak, menurut pemerintah Korea Utara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1005 seconds (0.1#10.140)