Media Arab Saudi Munculkan Wacana Jumat Hari Kerja, Akankan Terealisasi?

Selasa, 08 Agustus 2023 - 19:07 WIB
loading...
A A A
Ini masuk akal karena Arab Saudi cenderung mengamati tindakan UEA dengan cermat, sering menggunakannya sebagai tempat pengujian sebelum menerapkan perubahan serupa di wilayahnya sendiri. "Pendekatan ini telah terbukti di berbagai bidang, termasuk undang-undang yang lebih liberal dan santai mengenai kegiatan sosial, hiburan, dan hak-hak perempuan dan bisa dibilang, dalam kebijakan luar negeri sehubungan dengan keputusan Abu Dhabi, bersama dengan Bahrain untuk menormalisasi hubungan dengan Israel, dengan Riyadh sering berspekulasi. menjadi negara Arab besar berikutnya yang mengikutinya," kata Omar Ahmed, pakar Arab Saudi, dilansir Middle East Monitor.

Reformasi Visi 2030 Kerajaan, yang dipelopori oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MbS), bertujuan untuk mendiversifikasi ekonomi negara dan mengurangi ketergantungannya pada pendapatan minyak. Pergeseran akhir pekan ke Sabtu-Minggu dapat dipandang sebagai langkah strategis yang sejalan dengan visi yang lebih luas untuk menjadi pusat investasi global. Itu bisa menarik lebih banyak investasi asing, memfasilitasi transaksi lintas batas, dan memperkuat hubungan ekonomi dengan negara tetangga.

Namun demikian, tampaknya ada keprihatinan yang tulus di kalangan kaum konservatif atas negara yang memiliki prioritas yang salah dan dampaknya pada pelemahan pentingnya agama Jumat dan shalat Jumat. "Seperti kebanyakan reformasi sosial di Arab Saudi, keputusan tersebut, jika diambil, perlu mencapai keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi dan pelestarian agama/budaya, yang mencerminkan kompleksitas dan kontradiksi masyarakat Saudi modern," jelas Omar Ahmed.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0933 seconds (0.1#10.140)