5 Negara yang Tidak Memiliki Angkatan Laut, Salah Satunya Anggota NATO

Selasa, 08 Agustus 2023 - 15:31 WIB
loading...
5 Negara yang Tidak Memiliki Angkatan Laut, Salah Satunya Anggota NATO
Vatikan, satu dari negara yang tidak memiliki Angkatan Laut. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Ada banyak negara yang tidak memiliki Angkatan Laut. Salah satunya bahkan berstatus anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Bagi sebagian besar negara, militer menjadi salah satu sektor yang sangat diperhatikan. Tak jarang, mereka berlomba-lomba untuk membenahi dan meningkatkan kekuatan militernya, termasuk di sektor laut.

Akan tetapi, tidak semua negara memiliki Angkatan Laut. Alasannya cukup beragam. Bisa karena negaranya tidak memiliki tentara resmi, kekurangan populasi, hingga mengandalkan perjanjian pertahanan dengan negara lain.

5 Negara yang Tidak Memiliki Angkatan Laut

1. Andorra


Andorra menjadi salah satu negara yang tidak memiliki tentara resmi, termasuk Angkatan Laut. Tercatat, mereka hanya memiliki pasukan kecil yang perannya sebatas seremonial saja.

Mengutip laman Andorra Partner, terlepas dari statusnya ini, Andorra berada di bawah perlindungan Spanyol dan Prancis. Hal tersebut didasarkan pada “Treaty of Good Neighborliness, Friendship, and Cooperation” tahun 1993.

Selain itu, Andorra juga memiliki Korps Polisi yang mengambil sebagian besar tugas keamanan. Kemudian, ada juga unit paramiliter bernama Andorran Police Intervention Group (GIPA).

2. Kosta Rika


Kosta Rika merupakan sebuah negara yang berada di Amerika Utara. Wilayahnya berbatasan dengan Nikaragua di utara, Laut Karibia di timur laut, Panama di tenggara, serta Ekuador di selatan.

Mengutip India Times, Kosta Rika juga tidak memiliki tentara di sektor darat, laut, maupun udara. Pasca-perang saudara, mereka resmi mengakhiri keberadaan angkatan bersenjatanya.

Setiap tahunnya, mereka bahkan merayakan “Hari Penghapusan Tentara” pada 1 Desember. Untuk keamanan negara, pihak kepolisian menangani tugas tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1084 seconds (0.1#10.140)