AS Beri Tembakan Peringatan pada Kapal Perang Iran di Selat Hormutz

Senin, 09 Januari 2017 - 21:33 WIB
AS Beri Tembakan Peringatan pada Kapal Perang Iran di Selat Hormutz
AS Beri Tembakan Peringatan pada Kapal Perang Iran di Selat Hormutz
A A A
WASHINGTON - Pejabat militer Amerika Serikat (AS) menyatakan kapal perang AS, USS Mahan melepaskan tembakan kepada 4 kapal perang milik Iran. Dalam insiden yang terjadi di Selat Hormutz itu, kapal perang melepaskan setidaknya tiga kali tembakan peringatan.
Para pejabat, yang berbicara pada kondisi anonimitas mengatakan, sebelum melepaskan tembakan, USS Mahan terlebih dahulu berusaha melakukan komunikasi radio dengan kapal Iran. Tetapi, kapal Iran itu tidak menanggapi, dan justru memepertanyakan permintaan USS Mahan untuk memperlambat kecepatan.
"USS Mahan melepaskan tembakan peringatan, dan helikopter milik Angkatan Laut AS juga melepaskan bom asap sebelum tembakan peringatan dilepaskan," kata kedua pejabat itu dalam sebuah pernyataan.
"Kapal perang Iran hanya berjarak sekitar 800 meter dari USS Mahan, yang saat itu juga tengah mengawal dua kapal militer AS lainnya," sambungnya, seperti dilansir Reuters pada Senin (9/1).
Garda Revolusi Iran (IRGC) sejauh ini belum memberikan pernyataan apapun mengenai insiden tebaru yang melibatkan kedua negara di Selat Hormutz.
Insiden itu sendiri terjadi hanya sepekan jelang pelantikan Donald Trump sebagai Presiden AS. Dimana pada bulan September, Trump berjanji setiap kapal Iran yang melecehkan kapal perang AS akan ditenggelamkan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3558 seconds (0.1#10.140)