Drone Laut Ukraina Hantam Kapal Angkatan Laut Rusia

Sabtu, 05 Agustus 2023 - 00:29 WIB
loading...
A A A
Penelitian oleh BBC Verify menunjukkan Ukraina telah melakukan setidaknya 11 serangan dengan drone laut - menargetkan kapal militer dan pangkalan angkatan laut Rusia di Sevastopol, serta pelabuhan Novorossiysk dalam serangan sebelumnya.

Ini didasarkan pada pengumuman oleh otoritas Rusia dan Ukraina, serta laporan media lokal. Sumber-sumber pertahanan Ukraina mengatakan kepada CNN bahwa drone laut juga telah digunakan dalam serangan di Jembatan Kerch di Crimea pada bulan Juli.

Serangan hari Jumat terjadi hanya beberapa hari setelah Ukraina mengungkapkan penampilan luar dan beberapa detail dari apa yang mereka gambarkan sebagai senjata "baru" mereka - drone angkatan laut tak berawak.

Faktanya, Ukraina telah menggunakan drone ini untuk menyerang kapal Rusia sejak tahun lalu.

Kapal-kapal tersebut mewakili tahap baru dalam evolusi peperangan laut, di mana kapal kecil tanpa awak dapat menimbulkan kerusakan pada kapal besar dengan persenjataan yang kuat.

Ini bukan pertama kalinya Ukraina mencoba menyerang pelabuhan Novorossiysk, dan alasannya jelas. Sekitar 1,8 juta barel minyak diekspor dari sana setiap hari - sekitar 2% dari pasokan global.

Pelabuhan itu juga merupakan pangkalan angkatan laut yang penting bagi Moskow.

Bentrokan di laut telah meningkat dalam beberapa pekan terakhir, setelah Rusia membatalkan kesepakatan PBB yang memungkinkan biji-bijian diekspor dengan aman antara Rusia dan Ukraina melintasi perairan.

Pelabuhan Ukraina telah dihantam oleh pesawat tak berawak Rusia dan Kiev tampaknya sangat ingin memberikan respons.

Ukraina juga lebih bersedia untuk mengakui serangan yang melibatkan drone laut daripada serangan yang terlihat lebih jauh di dalam Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0874 seconds (0.1#10.140)