Drone Laut Ukraina Hantam Kapal Angkatan Laut Rusia

Sabtu, 05 Agustus 2023 - 00:29 WIB
loading...
Drone Laut Ukraina Hantam Kapal Angkatan Laut Rusia
Drone laut Ukraina hantam kapal angkatan laut Rusia. Foto/Los Angeles Times
A A A
KIEV - Sumber-sumber di Ukraina mengatakan sebuah kapal angkatan laut Rusia telah rusak dalam serangan drone angkatan laut Ukraina di Laut Hitam. Serangan itu dilaporkan terjadi di dekat pelabuhan Novorossiysk Rusia, yang merupakan pusat utama ekspor Rusia.

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan telah memukul mundur serangan Ukraina di pangkalan angkatan lautnya di sana yang melibatkan dua drone laut, tetapi tidak mengakui adanya kerusakan.

Rusia tidak menyebutkan kerusakan apa pun dalam laporannya tentang insiden tersebut.

Tetapi sumber layanan keamanan Ukraina mengatakan kapal Rusia Olenegorsky Gornyak terkena dan mengalami pelanggaran serius. Mereka mengatakan kepada BBC bahwa sebuah drone laut membawa dinamit seberat 450kg ketika menghantam kapal.

Drone laut adalah kapal kecil tak berawak yang beroperasi di atas atau di bawah permukaan air.

Sebuah video yang dikirim ke BBC oleh seorang sumber dari dinas keamanan Ukraina tampaknya menunjukkan drone tersebut mendekati sebuah kapal yang dianggap sebagai Olenegorsky Gornyak.

Rekaman itu menunjukkan sebuah kapal berjalan tepat ke sisi kapal sebelum video terputus, tampaknya karena benturan. Video lain yang belum diverifikasi diperkirakan menunjukkan daftar kapal di satu sisi seperti dilansir dari kantor berita yang berbasis di Inggris itu, Sabtu (5/8/2023).

Olenegorsky Gornyak adalah kapal pendarat, yang dirancang untuk meluncurkan pasukan amfibi di dekat pantai untuk pendaratan di pantai, tetapi juga untuk berlabuh dan membongkar muatan dengan cepat di pelabuhan.

Kerusakan apa pun dapat mengganggu upaya Rusia untuk memasok pasukan yang bertempur di Ukraina selatan yang diduduki, meskipun armada Rusia kemungkinan tidak akan terkena dampak yang signifikan.

Menurut Konsorsium Pipa Kaspia, yang memuat minyak ke kapal tanker di pelabuhan, pelabuhan Novorossiysk untuk sementara menangguhkan setiap pergerakan kapal setelah serangan itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1051 seconds (0.1#10.140)