Arab Saudi, Kuwait, dan Iran Berseteru Rebutan Ladang Minyak

Kamis, 03 Agustus 2023 - 15:12 WIB
loading...
Arab Saudi, Kuwait, dan Iran Berseteru Rebutan Ladang Minyak
Arab Saudi, Kuwait, dan Iran berseteru berebut ladang minyak dan gas yang disengketakan. Foto/NDTV
A A A
RIYADH - Arab Saudi, Kuwait, dan Iran sedang berseteru atas ladang minyak dan gas yang disengketakan.

Ketika perseteruan memanas, Arab Saudi dan Kuwait mengatakan pada Kamis (3/8/2023) bahwa mereka memiliki kepemilikan tunggal atas aset tersebut.

Pernyataan itu muncul setelah Teheran mengancam akan melakukan eksplorasi.

Ladang minyak dan gas di lepas pantai, yang dikenal sebagai Arash di Iran dan Dorra di Kuwait dan Arab Saudi, telah lama menjadi titik fokus pertikaian antara ketiga negara tersebut.



Dalam pernyataan bersama, otoritas Kuwait dan Arab Saudi mengatakan bahwa kedua pihak memiliki hak berdaulat penuh untuk mengeksploitasi kekayaan alam di area tersebut.

Pernyataan bersama yang diterbitkan Saudi Press Agency (SPA) mengatakan kedua negara Teluk Arab memperbarui seruan sebelumnya dan berulang kali kepada Republik Islam Iran untuk merundingkan demarkasi perbatasan laut mereka untuk menyelesaikan masalah.

Iran dan Kuwait telah mengadakan pembicaraan yang gagal selama bertahun-tahun atas wilayah perbatasan laut mereka yang disengketakan, yang kaya akan gas alam.

Upaya baru-baru ini untuk menghidupkan kembali negosiasi telah gagal, dan menteri perminyakan Iran pada hari Minggu mengatakan Teheran dapat melanjutkan pekerjaan di lapangan bahkan tanpa kesepakatan.

"Iran akan mengejar hak dan kepentingannya terkait eksploitasi dan eksplorasi lapangan jika tidak ada keinginan untuk pengertian dan kerja sama," kata Menteri Perminyakan Iran Javad Owji seperti dikutip oleh kantor berita Shana.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1126 seconds (0.1#10.140)