Soal Tentara AS yang Membelot, Korut Beri Tanggapan Singkat

Kamis, 03 Agustus 2023 - 04:54 WIB
loading...
Soal Tentara AS yang Membelot, Korut Beri Tanggapan Singkat
Korea Utara memberikan tanggapan singkat terkait tentara AS yang membelot Travis King kepada Komando PBB. Foto/CNN
A A A
WASHINGTON - Pentagon menyatakan bahwa Korea Utara (Korut) telah memberikan tanggapan kepada Komando PBB tentang tentara Amerika Serikat (AS) yang berlari melintasi perbatasan pada 18 Juli lalu dan segera ditahan. Namun tanggapan tersebut sangat singkat.

Juru bicara Penatagon, Brigadir Jenderal Patrick Ryder mengatakan, Korut hanya mengakui permintaan Komando PBB untuk informasi tentang Travis King Prajurit Angkatan Darat AS dan tidak memberikan informasi yang rinci terkait King.

“Saya dapat mengonfirmasi bahwa DPRK telah menanggapi Komando Perserikatan Bangsa-Bangsa, tetapi saya tidak memiliki kemajuan substansial untuk dibacakan,” kata Ryder dalam konferensi pers, menggunakan akronim nama resmi Korut, Republik Rakyat Demokratik Korea seperti dilansir dari South China Morning Post, Kamis (3/8/2023).

Saat didesak, Ryder mengatakan bahwa pesan Korut ke Komando PBB hanyalah “pengakuan” atas penyelidikan Komando PBB.



King berlari ke Korut pada 18 Juli saat melakukan tur ke zona demiliterisasi (DMZ) di perbatasan, menempatkan AS dalam permasalahan diplomatik baru dengan Korut yang bersenjata nuklir.

King, yang bergabung dengan Angkatan Darat AS pada Januari 2021, pernah bertugas sebagai Pengintai Kavaleri dengan Pasukan Rotasi Korea, bagian dari komitmen keamanan AS selama beberapa dekade ke Korea Selatan (Korsel).

Tapi ia dirundung masalah hukum.

Dia menghadapi dua tuduhan penyerangan di Korsel, dan akhirnya mengaku bersalah atas satu contoh penyerangan dan penghancuran properti publik karena merusak mobil polisi selama kemarahan yang tidak senonoh terhadap warga Korea, menurut dokumen pengadilan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1144 seconds (0.1#10.140)