5 Fakta Pemilu Negara Bagian di Malaysia, antara Mengumbar Janji dan Menjual Retorika Agama-Ras

Rabu, 02 Agustus 2023 - 21:35 WIB
loading...
A A A
“Di daerah-daerah seperti Selangor, Negeri Sembilan dan Penang, ini bisa memainkan peran penting karena melibatkan pemilih kelas atas dan menengah yang melihat apakah isu-isu tertentu ditangani oleh para kontestan.

“Itulah mengapa saya pikir di Selangor dan Penang, (PH) telah meluncurkan manifesto mereka untuk menunjukkan bahwa mereka telah memenuhi beberapa hal sementara beberapa masih berjalan,” katanya.

Di Selangor, manifesto PH-BN mencakup penyediaan 100.000 pekerjaan berpenghasilan tinggi bagi kaum muda Selangor, menjadikan negara bagian tersebut sebagai tujuan investasi utama di Asia Tenggara dan sepenuhnya mendigitalkan layanan pemerintah.

Tawaran lain termasuk 200.000 rumah dengan harga di bawah RM250.000, mengurangi kemacetan lalu lintas di negara bagian dan memperluas program kesejahteraan sosialnya.

Direktur BowerGroup Asia Asrul Hadi Abdullah Sani mengatakan kepada CNA bahwa secara keseluruhan, manifesto pemilu lebih penting untuk aliansi PH-BN daripada koalisi PN.

“Manifesto yang mengusung janji-janji sosial, ekonomi, dan pembangunan sangat penting bagi koalisi persatuan untuk mengalihkan kampanye pemilu dari isu ras dan agama yang menjadi andalan Perikatan Nasional,” kata Asrul.

Dia menjelaskan bahwa masalah utama yang mempengaruhi rata-rata pemilih di jantung Melayu adalah akses ke peluang ekonomi, pengangguran, upah yang bersaing, kepemilikan rumah, dan kemiskinan.

Namun, Asrul menekankan bahwa janji manifesto PN bukanlah hal baru dan menggambarkan fokus mereka terutama untuk menciptakan keraguan dan menggerakkan dukungan Melayu terhadap Anwar Ibrahim.

“Jika koalisi persatuan tidak mampu mengatasi realitas yang dihadapi oleh pemilih Melayu pedesaan, maka akan sulit untuk mendapatkan kepercayaan dan memenangkan dukungan dari PN,” tambahnya.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1717 seconds (0.1#10.140)