7 Negara dengan Bahasa Tersulit di Dunia, dari Mandarin hingga Korea

Rabu, 02 Agustus 2023 - 12:41 WIB
loading...
7 Negara dengan Bahasa Tersulit di Dunia, dari Mandarin hingga Korea
Bahasa Mandarin, salah satu dari tujuh bahasa tersulit di dunia. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Negara dengan bahasa tersulit di dunia ini kebanyakan tidak memakai alfabet sebagai hurufnya, melainkan menggunakan huruf sendiri yang kebanyakan orang masih asing dalam penggunaan sehari-hari.

Mempelajari bahasa baru kerap membuat banyak orang kesulitan. Namun untuk bahasa tersulit ini, punya kasus berbeda karena selain harus menghafal dan memahami makna dan susunan kata, mereka juga perlu mempelajari huruf baru yang sebelumnya tak pernah digunakan.



7 Negara dengan Bahasa Tersulit di Dunia


Sedikitnya ada tujuh negara dengan bahasa tersulit di dunia untuk dipelajari. Berikut ini ulasan lengkapnya.

1. Bahasa Mandarin


Menurut laman Hendry Harvin, bahasa Mandarin memiliki lebih dari 1,2 miliar penutur di dunia dan menjadi bahasa yang paling banyak digunakan. Hal ini tentu dipengaruhi oleh padatnya populasi China.

Bahasa Mandarin menjadi sulit terutama untuk orang yang terbiasa menggunakan alfabet atau latin dalam tulisannya disebabkan oleh ribuan karakter dan sistem penulisannya. Terlebih, untuk mencari kata-kata dalam bahasa Mandarin di kamus harus memiliki keterampilan tersendiri.

2. Bahasa Arab


Umumnya untuk orang-orang Timur Tengah dan umat Muslim seluruh dunia tidak asing dengan bahasa ini, karena digunakan dalam kitab suci Al-Qur’an.

Menurut Foreign Services Institute, untuk mempelajari bahasa yang punya 300 juta penutur di seluruh dunia ini diperlukan waktu hingga dua tahun. Bahasa Arab menjadi sulit karena banyaknya dialek dan kosakata. Bahkan untuk unta saja terdapat sekitar 200 sinonim.

Hal tersebut semakin dipersulit dengan gaya penulisan dari kanan ke kiri yang tidak umum untuk kebanyakan orang.

3. Bahasa Jepang


Bahasa yang diucapkan oleh lebih dari 125 juta orang ini adalah satu-satunya bahasa resmi di Negeri Sakura. Selain itu, bahasa ini juga terisolasi, yang berarti tidak berhubungan dengan bahasa lain di dunia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1156 seconds (0.1#10.140)