AS dan Ukraina Bahas Jaminan Keamanan yang Dijanjikan NATO

Rabu, 02 Agustus 2023 - 05:30 WIB
loading...
A A A
Meski demikian, Barat bersikeras mereka bukan pihak dalam konflik tersebut. Moskow telah memperingatkan Barat bahwa pengiriman semacam itu adalah target yang sah bagi militer Rusia dan berisiko menjadikan mereka terlibat perang de facto.

'Jaminan keamanan' G7 seharusnya menjadi hadiah hiburan Ukraina karena tidak mendapatkan undangan untuk bergabung dengan NATO, sesuatu yang Zelensky telah berulang kali menyuarakan kekecewaannya.

Menteri Pertahanan Ukraina Aleksey Reznikov mengatakan pada saat itu bahwa dia ingin melihat “detail dan harga” dari proposal tersebut sebelum menilai manfaatnya.

Menurut Miller, pembicaraan AS-Ukraina akhir pekan ini seharusnya membahas rincian "komitmen keamanan".

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS menetapkan bahwa pembicaraan akan diadakan "secara virtual, di tingkat wakil asisten menteri."

Dia juga mencatat bahwa perundingan tidak akan melibatkan Victoria Nuland, yang sebelumnya adalah asisten sekretaris yang bertanggung jawab di Biro Urusan Eropa dan Eurasia, tetapi dipromosikan pekan lalu menjadi wakil menteri.

Nuland adalah pemain kunci dalam kudeta yang didukung AS tahun 2014 di Kiev, yang membawa kaum nasionalis Ukraina berkuasa dan memicu konflik saat ini.

Pada bulan Mei, dia mengungkapkan rencana AS memulai diskusi tentang "masa depan jangka panjang" Ukraina bersamaan dengan serangan militer Kiev, yang Washington telah bantu rencanakan "untuk sekitar 4-5 bulan".
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1782 seconds (0.1#10.140)