Pulang Sekolah Naik Sepeda, Remaja Jepang Tewas Disengat Suhu Panas

Selasa, 01 Agustus 2023 - 17:57 WIB
loading...
Pulang Sekolah Naik Sepeda, Remaja Jepang Tewas Disengat Suhu Panas
Seorang gadis berusia 13 tahun di Jepang tewas setelah ditemukan tidak sadarkan diri, diyakini akibat disengat suhu panas. Foto/Ilustrasi
A A A
TOKYO - Seorang gadis berusia 13 tahun di Jepang tewas setelah ditemukan tidak sadarkan diri di trotoar pada hari Jumat lalu. Pihak berwenang meyakini korban meninggal karena sengatan suhu panas .

Korban diketahui pulang ke rumah dengan mengendarai sepeda setelah menghadiri klub di sekolahnya. Ia sempat di bawa ke rumah sakit di mana dia kemudian dinyatakan meninggal seperti dilansir dari The Guardian, Selasa (1/8/2023).

Media Jepang Mainichi melaporkan sekolah telah menangguhkan pertemuan klub satu jam lebih awal karena kekhawatiran tentang suhu panas dan mengatakan bahwa para siswa telah beristirahat setiap 20-25 menit untuk rehidrasi.

Di tempat lain, pasangan lanjut usia ditemukan tewas di rumah mereka di Tokyo oleh petugas kesehatan, sehingga jumlah korban tewas sejak Jumat menjadi tiga orang. Polisi yakin mereka meninggal karena sengatan panas karena suhu di kota itu mencapai 35,7 derajat Celcius dan AC mereka tidak menyala.



Kematian di Jepang terjadi beberapa minggu setelah pemerintah menetapkan target untuk mengurangi separuh jumlah kematian terkait panas pada tahun 2030.

Statistik dari kementerian kesehatan yang dilaporkan oleh Japan Times menunjukkan bahwa jumlah kematian terkait sengatan panas meningkat dari rata-rata 201 orang per tahun antara tahun 1995 dan 1999, menjadi rata-rata 1.295 dari tahun 2018 hingga 2022.

Menurut data yang dikutip oleh Japan Times, antara 80 dan 90% dari jumlah tersebut yang meninggal berusia di atas 65 tahun.

Penelitian menunjukkan bahwa orang tua lebih rentan terhadap gelombang panas. Jepang memiliki proporsi orang berusia 65 tahun ke atas tertinggi kedua di dunia, yang memiliki implikasi penting untuk adaptasi perubahan iklim.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1299 seconds (0.1#10.140)