Dunia Dilanda Suhu Ekstrem, NASA Beri Peringatan Mengerikan

Jum'at, 21 Juli 2023 - 16:41 WIB
loading...
Dunia Dilanda Suhu Ekstrem, NASA Beri Peringatan Mengerikan
Bulan Juli 2023 akan menjadi bulan terpanas. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
WASHINGTON - Ilmuwan top badan antariksa Amerika Serikat (AS), NASA , mengatakan suhu ekstrem yang melanda seluruh benua tidak mengherankan. Mereka percaya ada "peluang 50-50" bahwa 2023 akan menjadi tahun terpanas dalam catatan, dengan tahun depan kemungkinan akan lebih panas.

Dalam pertemuan dengan wartawan, ilmuwan top NASA mengatakan bulan Juli 2023 kemungkinan akan menjadi bulan terpanas yang tercatat dalam ratusan, bahkan ribuan tahun. Mereka juga memperingatkan bahwa cuaca panas hanya akan bertambah buruk.

"Kami melihat perubahan yang belum pernah terjadi sebelumnya di seluruh dunia. Gelombang panas yang kami lihat di AS, di Eropa, China, dan menghancurkan rekor di kiri, kanan, dan tengah. Ini bukan kejutan," kata Direktur NASA Institut Goddard untuk Studi Luar Angkasa, Gavin Schmidt, seperti dikutip dari DW, Jumat (21/7/2023).

Bulan Juni 2023 sudah menjadi Juni terpanas dalam catatan dan Juli kemungkinan besar akan menjadi bulan terpanas secara keseluruhan.



"Kita tahu dari sains bahwa aktivitas manusia, terutama emisi gas rumah kaca, secara tegas menyebabkan pemanasan yang kita lihat di planet kita," kata kepala ilmuwan NASA dan penasihat iklim senior, Kate Calvin, pada pengarahan yang sama.

Ilmuwan NASA mengklarifikasi bahwa data yang dikumpulkan dan dianalisis oleh institut tersebut telah mengarah ke sana.

"Telah terjadi peningkatan suhu satu dekade ke dekade selama empat dekade terakhir," terang Schmidt.

Badan antariksa AS terakhir kali melihat lonjakan suhu pada Juli dan Agustus 2016 karena peristiwa super El Nino pada musim dingin 2015-2016. Sementara ada peristiwa lain yang sedang terjadi.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1226 seconds (0.1#10.140)