Perbandingan Rudal Korea Utara Vs China, Siapa yang Lebih Ganas?

Selasa, 01 Agustus 2023 - 11:47 WIB
loading...
A A A
4. Rudal Hipersonik

Rudal yang satu ini dapat terbang dengan kecepatan beberapa kali lipat dari kecepatan suara, sehingga lebih sulit diintersep oleh sistem pertahanan rudal. Dikutip dari laman theguardian, pada Oktober 2021, Korea Utara menguji rudal hipersonik baru, yang disebut "proyektil berpemandu taktis tipe baru", yang mampu membawa muatan 2,5 ton.


- China

Sama halnya dengan Korea Utara, China juga memiliki rudal yang dibagi menjadi empat kategori berdasarkan jangkauan, Jenis dan Kemampuannya. Namun China memiliki karakter yang berbeda dengan Korea Utara.

1. Rudal Balistik Antarbenua (ICBM)

China diketahui telah memiliki sekitar 320 ICBM yang mampu membawa hulu ledak nuklir, termasuk beberapa jenis yang bisa menghindari sistem pertahanan rudal musuh. Salah satu jenis ICBM China yang sering diunggulkan, yaitu jenis DF-41 yang memiliki jangkauan 15.000 km dan bisa membawa 10 hulu ledak.

2. Rudal balistik jarak menengah (MRBM) dan jarak pendek (SRBM):

Dikutip dari laman missilethreat, MRBM dan SRBM China dapat menjangkau wilayah yang lebih dekat, seperti Taiwan, Korea Selatan, Jepang, India, dan Rusia. China memiliki sekitar 1.200 MRBM dan SRBM, seperti DF-21, yang memiliki jangkauan 2.150 km dan bisa membawa satu hulu ledak nuklir atau konvensional.

3. Rudal jelajah

Rudal jelajah China dapat terbang di ketinggian rendah dan mengikuti kontur permukaan bumi, sehingga lebih sulit dideteksi oleh radar. China memiliki sekitar 270 rudal jelajah darat-ke-darat (LACM), seperti DH-10, yang memiliki jangkauan 2.000 km dan bisa membawa satu hulu ledak nuklir atau konvensional.

4. Rudal Hipersonik
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1192 seconds (0.1#10.140)