8 Pemimpin Negara yang Dibunuh, Nomor 3 Dieksekusi dengan Sadis

Selasa, 01 Agustus 2023 - 09:01 WIB
loading...
A A A
Dia adalah anak tunggal Jawaharlal Nehru, perdana menteri pertama India merdeka. Dia menjalin hubungan lebih dekat dengan Uni Soviet, bergantung pada negara itu untuk dukungan dalam konflik lama India dengan Pakistan.

Indira juga satu-satunya Perdana Menteri India yang telah menyatakan keadaan darurat untuk 'memerintah dengan keputusan' dan satu-satunya Perdana Menteri India yang dipenjara setelah memegang jabatan itu. Dia dibunuh pada pukul 9:20 pagi tanggal 31 Oktober 1984, di Kediaman Perdana Menteri di No. 1, Jalan Safdarjung di New Delhi. Dia dibunuh oleh dua pengawal Sikhnya, Satwant Singh dan Beant Singh, setelah Operasi Blue Star.

7. John F. Kennedy (AS)

8 Pemimpin Negara yang Dibunuh, Nomor 3 Dieksekusi dengan Sadis

Foto/Wonderlist

John Fitzgerald “Jack” Kennedy adalah Presiden Amerika Serikat ke-35, menjabat dari tahun 1961 hingga kematiannya pada tahun 1963. Setelah Kennedy menjalani wajib militer sebagai komandan Kapal Motor Torpedo PT-109 selama Perang Dunia II di Pasifik Selatan, ia menjadi seorang Anggota Kongres Demokrat dari wilayah Boston, maju pada tahun 1953 ke Senat.

Dia menikah dengan Jacqueline Bouvier pada 12 September 1953. Pada tahun 1955, saat memulihkan diri dari operasi punggung, dia menulis Profil dalam Keberanian, yang memenangkan Hadiah Pulitzer dalam sejarah.

Pada tahun 1956 Kennedy hampir mendapatkan nominasi Demokrat untuk Wakil Presiden, dan empat tahun kemudian menjadi calon presiden pemungutan suara pertama. Jutaan orang menyaksikan debat televisinya dengan kandidat dari Partai Republik, Richard M. Nixon. Menang dengan selisih tipis dalam pemilihan umum, Kennedy menjadi Presiden Katolik Roma pertama.

Pada tanggal 22 November 1963, ketika dia baru saja melewati seribu hari pertamanya menjabat, John Fitzgerald Kennedy terbunuh oleh peluru seorang pembunuh saat iring-iringan mobilnya melintasi Dallas, Texas. Kennedy adalah orang termuda yang terpilih sebagai Presiden; dia adalah yang termuda yang mati.

8. Benazir Bhutto (Pakistan)

Ketua Partai Rakyat Pakistan (PPP), Benazir Bhutto adalah politisi sosialis-demokratis wanita Pakistan yang paling terkenal yang merupakan Perdana Menteri Pakistan ke-11.

B.B. adalah wanita pertama yang terpilih untuk memimpin negara Muslim, setelah dua kali menjadi Perdana Menteri Pakistan dalam dua periode tidak berturut-turut (1988–1990; 1993–1996).

Dia adalah perdana menteri wanita pertama dan satu-satunya hingga saat ini di Pakistan dan merupakan anak tertua dari Perdana Menteri Pakistan Zulfikar Ali Bhutto dan Ibu Negara Pakistan Nusrat Bhutto, dan merupakan istri dari Presiden Pakistan saat ini Asif Ali Zardari. Sebagai mantan Perdana Menteri Pakistan, Benazir Bhutto adalah ikon perjuangan demokrasi, dan berdiri hanya dengan segelintir pemimpin eksekutif perempuan yang telah membentuk peristiwa global abad lalu.

Pada 27 Desember 2007, Bhutto terbunuh saat meninggalkan rapat umum kampanye untuk PPP di Liaquat National Bagh di kota Rawalpindi, di mana dia berpidato di rapat umum pendukung Partai Rakyat Pakistan menjelang pemilihan parlemen 2008. Bhutto pergi reli di Toyota Land Cruiser putihnya saat serangan terjadi.

Setelah memasuki kendaraan antipelurunya, Bhutto berdiri melalui sunroofnya untuk melambai ke kerumunan. Pada titik ini, seorang pria bersenjata melepaskan tembakan ke arahnya dan kemudian bahan peledak diledakkan di dekat kendaraan yang menewaskan sekitar 20 orang. Bhutto terluka parah dan dilarikan ke Rumah Sakit Umum Rawalpindi tetapi dia dinyatakan meninggal pada pukul 18:16 waktu setempat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1154 seconds (0.1#10.140)