8 Pemimpin Negara yang Dibunuh, Nomor 3 Dieksekusi dengan Sadis

Selasa, 01 Agustus 2023 - 09:01 WIB
loading...
A A A

4. Raja Faisal (Arab Saudi)

8 Pemimpin Negara yang Dibunuh, Nomor 3 Dieksekusi dengan Sadis

Foto/Wonderlist

Faisal bin Abdulaziz Al Saud adalah Raja Arab Saudi dari tahun 1964 hingga 1975. Sebagai raja, ia dipuji karena menyelamatkan keuangan negara dan menerapkan kebijakan modernisasi dan reformasi, sementara tema kebijakan luar negeri utamanya adalah pan-Islamisme, anti-Komunisme, dan nasionalisme pro-Palestina. Dia berhasil menstabilkan birokrasi kerajaan dan pemerintahannya memiliki popularitas yang signifikan di kalangan orang Saudi.

Pada tanggal 25 Maret 1975, Raja Faisal ditembak dan dibunuh oleh putra saudara tirinya, Faisal bin Musaid, yang baru saja kembali dari Amerika Serikat. Pembunuhan itu terjadi di sebuah majelis.

Di ruang tunggu, Pangeran Faisal berbincang dengan perwakilan Kuwait yang juga sedang menunggu untuk bertemu dengan Raja Faisal. Ketika Pangeran hendak memeluknya, Raja Faisal membungkuk untuk mencium keponakannya sesuai dengan budaya Saudi. Saat itu juga, Pangeran Faisal mengeluarkan pistol dan menembaknya.

5. Abraham Lincoln (AS)

Abraham Lincoln, yang dijuluki Abe Jujur, adalah Presiden ke-16 Amerika Serikat dari Maret 1861 hingga pembunuhannya pada April 1865. Abe yang jujur mengarahkan negaranya melalui Perang Saudara Amerika dan mengakhiri perbudakan di dalam batas negara.

Dia juga memiliki reputasi sebagai orang yang penuh hormat dan adil. Masa jabatannya ditempati terutama dengan kekalahan negara bagian Konfederasi Amerika yang memisahkan diri dalam Perang Saudara Amerika.

Lincoln berhasil meredakan skandal Trent, ketakutan perang dengan Inggris pada akhir tahun 1861. Lincoln berhasil mengumpulkan opini publik melalui retorika dan pidatonya; Pidato Gettysburg-nya (1863) menjadi simbol ikon tugas bangsa.

Di akhir perang, Lincoln memiliki pandangan moderat tentang Rekonstruksi, berusaha untuk segera menyatukan kembali bangsa melalui kebijakan rekonsiliasi yang murah hati. Lincoln secara konsisten diberi peringkat oleh para sarjana sebagai salah satu yang terbesar dari semua Presiden AS.

Pembunuhan Abraham Lincoln terjadi pada Jumat Agung, 14 April 1865, saat Perang Saudara Amerika hampir berakhir. Pembunuhan itu terjadi lima hari setelah komandan Tentara Konfederasi Virginia Utara, Jenderal Robert E. Lee, menyerah kepada Letnan Jenderal Ulysses S. Grant dan Tentara Persatuan Potomac. Lincoln adalah presiden Amerika pertama yang dibunuh, meskipun upaya yang gagal dilakukan terhadap Andrew Jackson tiga puluh tahun sebelumnya pada tahun 1835.

6. Indira Gandhi (India)

8 Pemimpin Negara yang Dibunuh, Nomor 3 Dieksekusi dengan Sadis

Foto/Wonderlist

Indira Priyadarshini Gandhi adalah seorang politikus India yang menjabat sebagai Perdana Menteri ketiga India selama tiga masa jabatan berturut-turut (1966–77) dan masa jabatan keempat (1980–84).

Gandhi adalah kepala pemerintahan wanita kedua di dunia setelah Sirimavo Bandaranaike dari Sri Lanka, dan dia tetap sebagai Perdana Menteri wanita terlama kedua di dunia pada tahun 2012. Indira adalah wanita pertama yang menjadi perdana menteri di India.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1700 seconds (0.1#10.140)