Mengapa Sanksi Barat Tidak Melemahkan Pengembangan Teknologi Militer Rusia?

Minggu, 30 Juli 2023 - 23:40 WIB
loading...
Mengapa Sanksi Barat Tidak Melemahkan Pengembangan Teknologi Militer Rusia?
Industri pertahanan Rusia tetap tangguh meskipun sanksi ekonomi Barat terus digulirkan. Foto/Sputnik
A A A
MOSKOW - Beberapa bulan ke depan akan melihat kapal perang yang lebih canggih diserahkan kepada Angkatan Laut Rusia . Itu sebagai bukti bahwa industri pertahanan Rusia terus mengembangkan berbagai peralatan dan teknologi militernya. Padahal, Rusia masih menghadapi sanksi ekonomi dari Barat.

Kekuatan militer Rusia itu dipamerkan pada parade Hari Angkatan Laut Rusia, yang akan dihadiri oleh Presiden Vladimir Putin, pada 30 Juli 2023. Lebih dari 40 kapal, perahu dan kapal selam, serta 42 pesawat terbang dan lebih dari 3.500 prajurit diharapkan ambil bagian dalam parade, dalam pertunjukan tradisional kekuatan angkatan laut Rusia.

"Kekuatan ini hampir pasti akan ditingkatkan lebih lanjut karena Angkatan Laut Rusia akan menerima lebih banyak kapal perang sebelum akhir tahun ini," kata pakar militer yang berbasis di Moskow, Vasily Dandykin kepada Sputnik.



“Meskipun operasi militer khusus Rusia sedang berlangsung di, puluhan kapal baru yang berbeda akan memasuki layanan di Armada Utara, Pasifik, Laut Hitam dan Baltik Rusia, termasuk kapal rudal kecil Zircon dan fregat Laksamana Golovko," kata Dandykin.

Adapun armada kapal selam negara itu, Dandykinmenambahkan, khususnya akan mendapatkan kapal selam strategis bertenaga nuklir Alexander III generasi keempat, yang dirancang untuk memperkuat pengaruh Angkatan Laut Rusia di Samudra Pasifik.

“Ini sangat penting, karena [kapal selam bertenaga nuklir] adalah bagian dari triad nuklir Rusia,” kata Dandykin. Dia menambahkan bahwa negara tersebut mulai mengembangkan kapal selam generasi keempat “lebih awal dari Amerika.”

Selain itu, kapal yang bergabung dengan Angkatan Laut Rusia akan menjadi kapal selam diesel, kapal penyapu ranjau dan kapal pendarat besar, yang akan dipamerkan pada parade Hari Angkatan Laut mendatang.

Ketika ditanya tentang persenjataan angkatan laut Rusia yang unik – sesuatu yang saat ini tidak dimiliki negara-negara Barat? Dandykin menyebutkan kapal selam bertenaga nuklir kelas Borei generasi keempat yang dilengkapi dengan drone strategis Poseidon.

"Daftar tersebut juga mencakup kapal selam serba guna Yasen M yang dilengkapi dengan rudal hipersonik, korvet rudal kecil kelas Karakurt, dan kapal patroli militer," ujar Dandykin.



Selain itu, ada kapal pemecah es militer seperti Muromets dan Yevpaty Kolovrat merupakan bagian dari Armada Kutub Rusia yang unik.

Dandykin menekankan perlunya membangun lebih banyak kapal permukaan dan kapal selam serta kendaraan udara tak berawak (UAV), yang “dapat melakukan tugas demi kepentingan Angkatan Laut Rusia.”

“Selama setahun terakhir, kami telah membuat kemajuan besar dalam menciptakan UAV, seperti drone Lantset. Pengembangan UAV lain sedang berlangsung, dengan drone Okhotnik akan segera diluncurkan. Okhotnik, yang bekerja bersama-sama dengan jet tempur generasi kelima, mampu menjalankan misi tempurnya sendiri,” kata Dandykin.

Sementara itu, konsultan internasional Earl Rasmussen, seorang pensiunan letnan kolonel Angkatan Darat AS, yang menunjuk pada “kehadiran kapal selam yang kuat” di Angkatan Laut Rusia, yang menurut pakar dianggap sebagai yang terkuat ketiga di dunia setelah AS dan China.

"Selain dari peningkatan kapal Rusia, perkembangan sedang dilakukan untuk memodernisasi enam kelas kapal selam yang berbeda dengan kemampuan unik,” ujar Rasmussen. Dia menggarisbawahi bahwa sejauh menyangkut modernisasi, sanksi anti-Rusia Barat “berdampak kecil” pada proses tersebut.

“Rusia telah mengambil langkah-langkah untuk memindahkan pembuatan senjata dan keamanan pertahanan berdasarkan kemampuan internal/domestik. Kepala United Shipbuilding Corporation, Alexei Rakhmanov, menyatakan bahwa efek sanksi terhadap industri pembuatan kapal Rusia praktis tidak terlalu mencolok, dengan hanya 5% komponen untuk pembuatan kapal militer (terutama elektronik) yang bergantung pada impor asing,” kata Rasmussen.

Ketika ditanya secara terpisah tentang implikasi geopolitik dari kerja sama angkatan laut yang berkembang antara Rusia, China dan Iran? Mantan letnan kolonel Angkatan Darat AS itu memperingatkan para pemimpin Barat agar tidak bersikap konfrontatif.

“Para pemimpin Barat, yang dipimpin oleh AS, harus mencari pemahaman bersama dan kerja sama secara global, [namun] sayangnya, mereka menciptakan perpecahan secara global dan memperkuat mereka yang dianggap musuh," tutur Rasmussen.

Rasmussen mengungkapkan, kebijakan arogan dan hegemonik seperti itu tidak bijaksana dan menetapkan arah yang sangat berbahaya bagi Barat dan dunia. "Di bagian paling timur, kita bisa melihat dunia yang terfragmentasi dan paling buruk, konflik global yang dapat dengan mudah meningkat,” ujarnya.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1540 seconds (0.1#10.140)