10 Pulau Terbesar di Dunia, Indonesia Mendominasi

Minggu, 30 Juli 2023 - 21:47 WIB
loading...
A A A
Tangkap pulau tak bernama ini yang terbentang di tengah danau kecil, yang dikelilingi oleh pulau yang sedikit lebih besar, yang selanjutnya berada di dalam salah satu rangkaian danau panjang yang terletak 75 mil ke daratan dari pantai selatan Pulau Victoria.

Itu ditemukan oleh penjelajah Arktik Thomas Simpson pada tahun 1838 dan memiliki populasi kurang dari 2.000. Lihat sekilas puluhan ribu karibu dan musk-ox, keduanya endemik di Kanada.

9. Britania Raya (209.331 kilometer persegi)

Terletak di barat laut benua Eropa, Britania Raya adalah pulau terbesar kesembilan di dunia dan pulau terbesar di Britania Raya. Pulau ini merupakan pulau terbesar di Eropa dan dipisahkan dari daratan Eropa oleh Selat Inggris dan Laut Utara.

Itu adalah bagian dari Britania Raya dan terdiri dari daerah otonom Inggris, Skotlandia dan Wales. Sejarah panjang pulau ini dapat dilihat melalui situs prasejarahnya seperti Neolitik Stonehenge, dan kastil abad pertengahan seperti yang ada di Warwick, Dover, dan Caernarfon. Dikelilingi oleh 1.000 pulau dan pulau kecil, Inggris Raya adalah wilayah terpadat di Eropa. Kunjungi untuk melihat perbukitannya, garis pantai yang terjal, desa-desa kuno, dan teh krim.

10. Ellesmere (196.236 kilometer persegi)

Pulau terbesar kesepuluh di dunia dan pulau terbesar ketiga di Kanada, Ellesmere dianggap sebagai bagian dari Kepulauan Ratu Elizabeth. Itu terletak di dalam Kepulauan Arktik Kanada dan juga merupakan bagian dari Wilayah Qikiqtaaluk di provinsi Nunavut Kanada.

Karena sebagian besar pulau ditutupi oleh sistem pegunungan Arktik Cordillera, itu adalah pulau paling bergunung-gunung di Kepulauan Arktik Kanada dan oleh karena itu, sangat tidak ramah bagi sedikit manusia yang menghuninya.

Hanya 146 orang yang tinggal di sini, dan baru pada tahun 2011 pelayaran keliling pulau pertama yang diketahui selesai. Jon Turk dan Erik Boomer menyelesaikan perjalanan sejauh 2.400 km dengan kayak laut yang memakan waktu 104 hari.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1582 seconds (0.1#10.140)