10 Pulau Terbesar di Dunia, Indonesia Mendominasi

Minggu, 30 Juli 2023 - 21:47 WIB
loading...
A A A
Menariknya, puncak tertinggi di Asia Tenggara, Gunung Kinabalu, terletak di Kalimantan. Hati-hati terhadap orangutan liar yang terancam punah berayun melalui kanopi hutan, lumba-lumba Irrawaddy, dan buaya air asin yang mengintai di perairan Laut Cina Selatan.

4. Madagaskar (587.713 kilometer persegi)

Terletak di pantai timur Afrika, di Samudra Hindia, negara kepulauan besar ini menempati urutan keempat dalam daftar pulau terbesar di dunia. Pulau yang sangat beragam ini tercipta sekitar 88 juta tahun yang lalu ketika daratan ini terpisah dari anak benua India.

Madagaskar adalah rumah bagi ribuan spesies tanaman dan hewan yang unik; faktanya, 70 persen dari 250.000 spesies hewan di Madagaskar tidak ditemukan di tempat lain di dunia.

Demikian pula, 90 persen dari 14.000 spesies tumbuhan berbeda di Madagaskar adalah endemik di pulau itu. Sebagai pulau terbesar di Samudra Hindia, Madagaskar menawarkan petak-petak besar tanah yang nyaris tak berpenghuni untuk Anda jelajahi.

5. Baffin (507.451 kilometer persegi)

Pulau terbesar di Kanada, Pulau Baffin terletak di wilayah Nunavut. Terletak di kepulauan Arktik, ini adalah pulau terbesar kelima di dunia dan terkenal dengan banyak fyord dan danau air tawarnya. Karena sebagian besar pulau terletak di utara Lingkaran Arktik, pulau ini menerima cuaca yang sangat dingin dengan suhu rata-rata tahunan -8 derajat Celcius.

Pulau ini juga merupakan rumah bagi sejumlah besar mamalia, seperti beruang kutub, serigala Arktik, dan lemming.

6. Sumatera (473.481 kilometer persegi)

10 Pulau Terbesar di Dunia, Indonesia Mendominasi

Foto/Travel Earth

Pulau terbesar kedua di Indonesia dan keenam dalam daftar pulau terbesar di dunia, Sumatera terletak di sebelah barat Jawa dan selatan Semenanjung Melayu di timur laut Samudra Hindia. Berada di garis khatulistiwa, pulau ini rawan gempa bumi dan tsunami dahsyat karena berada di zona subduksi lempeng tektonik Indo-Australia dan Eurasia.

Pulau ini terkenal dengan medan tropisnya yang terjal, satwa liar yang terancam punah, gunung berapi yang membara, dan hutan yang subur. Di sinilah Anda dapat melihat sekilas beberapa spesies yang terancam punah, seperti harimau sumatera, orangutan sumatera, badak sumatera, dan cuckoo tanah sumatera, sementara pantai yang indah dan ombak yang jernih akan memikat Anda ke bawah. laut.

7. Honshu (225.800 kilometer persegi)

10 Pulau Terbesar di Dunia, Indonesia Mendominasi

Foto/Travel Earth

Terletak di antara Samudra Pasifik dan Laut Jepang, Pulau Honshu dianggap sebagai bagian dari daratan utama Jepang. Itu juga yang terbesar dari empat pulau Jepang, dan rumah bagi beberapa kota besar dan situs budaya negara itu.

Di antara pulau-pulau terbesar di dunia, Honshu adalah yang terpadat dan (dan padat) di dunia. Di pantai timur terletak ibu kota Jepang dan megacity Tokyo, yang merupakan rumah bagi hampir 38 juta penduduk.

Terbentang di barat daya Tokyo adalah gunung berapi ikonik Gunung Fuji yang tertutup salju, serta danau terbesarnya, Danau Biwa. Jangan lupa untuk mengunjungi kota Kyoto yang terkenal dengan kuil Zen, taman dengan deretan bunga sakura, dan geisha tradisional.

8. Victoria (217.291 kilometer persegi)

Pulau terbesar kedua di Kepulauan Arktik Kanada, Victoria adalah pulau terbesar di dunia yang terletak seluruhnya di dalam Lingkaran Arktik.

Antara Nunavut dan Wilayah Barat Laut Kanada, pulau yang menakjubkan ini seukuran gabungan Inggris dan Skotlandia, tetapi pulau ini hanya pulau terbesar kedua di Kutub Utara Kanada. Ini juga berisi pulau terbesar di dunia di dalam sebuah pulau, di dalam pulau lain — "sub-sub-sub-pulau" kecil Kanada sendiri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1884 seconds (0.1#10.140)